Oleh-Oleh Khas Polewali Mandar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Polewali Mandar merupakan kabupaten yang terdapat di provinsi Sulawesi Barat dengan luas wilayah sekitar 2.022,30 kilometer2 dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 204,40 jiwa. Jika anda mengunjungi ke Kabupaten Polewali Mandar ini jangan sampai pulang tidak membawa oleh-oleh dari Polewali Mandar ini. Di sini saya akan memberikan apa saja oleh-oleh khas dari Kabupaten Polewali Mandar yang wajib untuk di jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga abda.

    1. Jepa

    Jepa merupakan kuliner khas dari suku mandar yang dapat anda temukan ketika mengunjungi ke kabupaten polewali mandar provinsi Sulawesi barat. Jepa memiliki bentuk yang bulat pipih yang terbuat dari sagu maupun singkong yang di dalamnya di masukan gula aren sehingga jepa ini memiliki rasa yang manis.

    Jepa adalah makanan yang banyak di buru oleh wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara karena memiliki keunikan tersendiri ketika mengkonsumsinya. Selain di jadikan sebagai kuliner khas dari suku mandar, jepa ini dapat di jadikan sebagai oleh-oleh yang dapat anda berikan kepada keluarga anda maupun kerabat terdekat anda. Anda wajib untuk mencoba dan membeli kuliner yang satu ini sehingga anda pulang tidak membawa tangan kosong alias membawa oleh-oleh.

    2. Roti Pawa

    Kuliner yang selanjutnya adalah Roti Pawa. Roti Pala merupakan makanan khas yang hampir mirip dengan bakpao karena memiliki bentuk yang bulat dan memiliki isi dalam yang membuat kedua makanan ini hampir mirip. Roti Pawa ini terbuat dari tepung terigu dan di campur dengan tepung beras kemudian untuk isi dari roti pawa ini terbilang cukup unik karena isiannya dari olahan kacang yang sudah halus kemudian di campur dengan gula pasir dan gula merah. Roti pawa ini memiliki rekstur yang empuk sehingga banyak masyarakat lokal maupun wisatawan yang berminat dan roti pawa ini selain dapat di makan secara langsung juga dapat di jadikan sebagai oleh-oleh dari kabupaten Polewali Mandar.

    3. Bolu Paranggi

    Setelah Roti Pawa kuliner yang selanjutnya yang dapat di jadikan sebagai oleh-oleh dari kabupaten Polewali Mandar yaitu Bolu Paranggi. Bolu Paranggi ini dapat anda temukan di sekitaran pasar tradisional yang terdapat di Sulawesi barat ini. Bolu Paranggi ini memiliki bentuk seperti mangkok kecil. Bolu ini memiliki rasa yang manis karena bolu paranggi ini terbuat dari tepung terigu dan di campur dengan gula aren sehingga membuat masyarakat lokal maupun wisatawan ingin mencoba dan merasakan manisnya bolu paranggi ini. Selain dapat di jadikan sebagai cemilan bolu paranggi ini dapat di jadikan sebagai buah tangan ketika anda berkunjung ke kabupaten Polewali Mandar ini.

    4. Sambusa

    Sambusa merupakan makanan tradisional yang khas yang berasal dari Mamuju. Sambusa ini adalah makanan yang sejenis dengan gorengan dengan memiliki isian yang berupa olahan daging ikan kemudian sambusa ini di bentuk menjadi seperti segitiga. Sambusa ini merupakan makanan yang di favoritkan oleh masyarakat sekitar dan wisatawan sehingga tidak heran banyak wisatawan yang menjadikan sambusa ini menjadi oleh-oleh yang terdapat dari kabupaten Polewali Mandar ini.

    5. Apang

    Makanan atau cemilan yang selanjutnya yang dapat di jadikan sebagai oleh-oleh dari Kabupaten Polewali Mandar adalah apang. Apang merupakan kue khas yang terbuat dari adonan tepung beras kemudian di kukus. Isian dalamnya di isi dengan gula aren sehingga apang ini memiliki rasa yang manis dan menjadi jajanan ketika berlibur ke kabupaten polewali mandar. Selain itu apang dapat di jadikan sebagai oleh-oleh yang dapat kamu berikan kepada keluarga maupun kerabat terdekat anda.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-Oleh Khas Polewali Mandar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar