Prospek Kerja untuk Jurusan Kimia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kimia merupakan jurusan yang sudah tidak asing lagi di dengar di telinga karena kimia telah kita pelajari dari SD, SMP, SMA maupun Kuliah. Jika anda telah lulus dari jurusan kimia maka prospek atau peluang untuk bekerja semakin besar. Di sini saya akan memberikan prospek kerja untuk jurusan kimia.

    Prospek kerja yang pertama untuk jurusan kimia yaitu di bidang penelitian. Di Indonesia telah banyak anda jumpai atau anda temukan lembaga-lembaga. Setelah anda lulus dari jurusan kimia maka anda dapat bekerja di lembaga tersebut karena di Indonesia masih kurang sdm yang memiliki skill di bidang kimia karena bertujuan untuk meneliti suatu produk makanan atau obat-obatan sehingga konsumen tidak overdosis atau tidak keracunan makanan.

    2. Dunia industri atau BUMN

    Selain memiliki prospek kerja di lembaga penelitian, anda juga dapat memiliki peluang besar untuk bekerja di dunia industri. Dunia industri seperti contohnya kimia farma. Kimia farma merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di dunia medis atau obat-obatan. Jika anda sebelumnya memilih jurusan kimia maka anda dapat bekerja di perusahaan tersebut dengan meneliti apakah obat tersebut layak di konsumsi atau kandungan yang berada di dalam obat tersebut baik bagi tubuh manusia. Selain meneliti obat-obatan anda juga dapat bekerja di instansi seperti pertambangan, kosmetik, pupuk dan lain sebagainya.

    3. Tenaga Pengajar

    Selain turun langsung atau terjun langsung ke lapangan anda juga dapat bekerja sebagai tenaga pengajar. Jika anda ingin menjadi tenaga pengajar maka anda harus melewati jenjang kuliah sehingga anda dapat menjadi seorang guru kimia. Selain menjadi guru anda juga bisa menjadi dosen kimia dengan cara melanjutkan lagi jenjang kuliah dan setelah anda lulus S2 dari jenjang kuliah tersebut maka anda dapat menjadi dosen kimia yang banyak di cari oleh lembaga pendidikan maupun perkuliahan dengan memiliki penghasilan yang lumayan besar.

    4. Consultant Agency

    Menjadi seorang konsultan memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan seseorang yang telah menjadi sarjana yang sesuai dengan bidangnya yang telah dikuasainya terutama di bidang kimia. Menjadi seorang consultant agency banyak di cari dan di butuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk bekerja sebagai consultant agency di perusahaan mereka.

    5. Pegawai Negeri Sipil

    Jika anda telah lulus dari jurusan kimia dan ingin menjadi pegawai negeri sipil atau pns maka anda tidak perlu khawatir karena pegawai negeri sipil membuka lowongan untuk seseorang yang memiliki bakat dan skill di bidang kimia. Sehingga ketika anda bekerja menjadi pegawai negeri sipil maka anda dapat menentukan apakah anda ingin menjadi pengajar maupun yang lainnya dengan sebelumnya telah menyelesaikan studi di perkuliahan dan telah menjadi sarjana yang handal dan professional.

    6. Menjadi Entrepreneur atau pengusaha

    Menjadi seorang pengusaha memang banyak yang menginginkan hal tersebut. Menjadi seorang pengusaha tidak harus memiliki skill atau bakat di bidang kimia tetapi di semua bidang dapat menjadi pengusaha atau entrepreneur.

    Tetapi anda tidak perlu khawatir karena jika anda telah lulus dari jurusan kimia maka hal ini sangat menguntungkan anda karena anda dapat membuat produk sendiri maupun mendirikan perusahaan anda sendiri karena menjadi seorang pengusaha harus memiliki tekat dan keinginan yang kuat serta memiliki pemikiran yang maju sehingga anda dapat menjadi seorang entrepreneur yang sukses dan dapat menjalankan perusahaan anda dengan baik.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja untuk Jurusan Kimia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar