Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Daun serai atau sering juga di panggil dengan sereh merupakan salah satu bahan penyedap masakan di dapur dan sering digunakan di dapur, serai  yang mempunyai aroma khas dan bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, tahukah anda selain menjadi penyebab makanan daun ini juga mempunyai berjuta khasiat dan manfaat bagi kesehatan anda. Tanaman serai juga di temukan di rumah-rumah. Tumbuhan ini berbentuk rumput dan berasal dari daerah selatan India dan sri Langka.

    Berikut ini adalah kumpulan dan manfaat daun serai bagi kesehatan:

    1. Mencegah Penyakit  Kanker

    Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa pada setiap 100 Gram daun serai yang terdapat senyawa dengan nama citra yang bisa mematikan sebuah sel kanker tanpa merusak sel sehat yang ada di dalam tubuh manusia.

    1. Mengurangi Kadar Kolesterol

    Daun serai yang mempunyai sifat hiperkolesterolemia yang berfungsi dan menyeimbangkan kadar kolesterol baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada darah.

    1. Dekotsifikasi

    Daun serai ini mempunyai efek diuretik yang terdapat untuk membersihkan tubuh dari racun-racun yang berbahaya, dan mengeluarkannya melalui air kencing manusia. Keluarnya racun atau detoksifikasi dalam tubuh ini akan bisa membantu organ-organ seperti hati dan ginjal yang berfungsi denga baik dan lancar.

    1. Mengatasi Gangguan Saraf

    Kandungan yang terdapat pada minyak atsiri dari daun serai akan dipercaya mampu melemaskan sara-saraf pada tubuh pada manusia, dan mengatasi kejang-kejang, mengatasi vertigo, mengobati insomnia, dan juga membantu meransang di bagian otak. Minyak atsiri tersebut bisa membantu pencegahan penyakit saraf seperti alzheimer’s dan parkinson.

    1. Meredakan Nyeri

    Daun serai yang memilikisifat analgesik yang mampu akan meredakan rasa nyeri pada bagian kepala seperti migran dan sakit kepala ringan. Tidak hanya itu, daun serai juga mengandung phytonutrient yang terdapat meningkatkan sebuah sirkulasi darah yang akan membantu mengurangi kejang-kejang, kram, sakit punggung, dan keseleo.

    1. Mengobati Infeksi

    Daun serai yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan sebuah penyakit, bahwa daun serai memiliki kandungan zat anti mikroba dan anti bakteri. Senyawa tersebut bermanfaat dan akan mengobati infeksi pada lambung, saluran kemih, dan kulit.

    1. Mengatasi Masalah Pencernaan

    Pada daun serai yang terdapat sebuah senyawa yang bisa membantu membunuh bakteri jahat dan akan meningkatkan jumlah bakteri di dalam usus. Hal ini akan membantu melancarkan sistem bagi pencernaan sehingga tubuh tersebut terhindar dari penyakit seperti diare, perut kembung, dan sembelit.

    1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

    Kandungan yang terdapat pada minyak atsiri atau daun serai, selain bisa menyembuhkan dan pencegahan dari berbagai penyakit, dan juga meningkatkan kekebalan pada tubuh. daun serai juga bisa memperbaiki dan akan memulihkan fungsi dari pencernaan, pernafasan, ekskresi, dan sistem pada saraf.

    1. Memperbaiki Sel-Sel Pada Tubuh

    Daun serai yang mengadung zat yang terdapat zat antioksidan yang bisa membantu untuk melindungi sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Daun serai juga bisa membantu untuk membersihkan darah dan memperkuat limpa serta terbuangnya sel-sel merah yang kotor.

    1. Menurunkan Berat Badan

    Manfaat atsiri daun serai bisa menurunkan berat badan, manfaat dengan rebusan dan daun serai lainnya adalah sebuah kemampuan serai untuk melakukan detosifikasi dan mengeluarkan lemak-lemak berlebihan melalui buang air besar.

    Selain dengan melancarkan sistem pencernaan, air rebusan daun serai juga bisa menurunkan berat badan seseorang dengan cara alami. Sehingga mampu membentuk tubuh akan terlihat lebih ideal.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar