Tips Belajar Programming Otodidak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum kita memulai pembahasan, alangkah baiknya jika saya menjelaskan apa itu programming dan programmer. Programming adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Programmer untuk membuat website atau aplikasi yang diinginkan. Programmer adalah orang yang melakukan programming. Jadi kita sudah tau apa itu programming dan programmer.

    Pada saat ini, belajar tidak harus mendatangi guru atau ke sekolah. Kita bisa belajar sendiri dengan mencari materi yang ingin kita pelajari di google ataupun platform lainnya. Apalagi belajar programming, kebanyakan para programmer belajar sendiri tanpa bimbingan orang lain atau guru.

    Namun kita akan sedikit bingung bagaimana cara untuk belajar programming sendiri atau otodidak. Lancangkuning.com akan membantu anda untuk belajar programming otodidak :

    1. Tentukan Bahasa Pemrograman

    Ini adalah yang pertama, anda harus menentukan bahasa Pemrograman yang ingin di pelajari. Anda harus menyesuaikan bahasa Pemrograman yang bisa anda pelajari, jangan ambil bahasa Pemrograman yang sulit, tetapi belajarlah secara bertahab. Jika anda sudah bisa satu bahasa Pemrograman, cobalah untuk bahasa Pemrograman lain yang satu tingkat lebih tinggi dari bahasa Pemrograman sebelumnya.

    Untuk pemula, lancangkuning.com menyarankan anda untuk mempelajari HTML dan CSS. Jika sudah keduanya barulah anda bisa melanjutkan ke bahasa berikutnya.

    1. Gunakan Materi yang Lengkap

    Dalam hal ini, anda bisa mencarinya dengan format PDF atau video tergantung keinginan anda. Tetapi carilah tutorial yang lengkap, jangan cari tutorial secara terpisah-pisah. Contohnya jika anda ingin belajar PHP tentang CRUD, jangan cari tutorial create dan update secara terpisah, carilah yang satu sumber untuk tidak membingungkan anda dalam mempelajarinya.

    Cari juga sumber materi yang menjelaskan tentang source code yang dibuatnya agar anda mengetahui fungsi dari code tersebut.

    1. Langsung Praktekan

    Jika anda melihat tutorial, jangan menunggu nanti untuk mempraktekkannya, langsung praktekan apa yang anda lihat. Kalau anda memiliki  masalah error’, tanyakan pada orang yang lebih ahli atau bisa anda tanyakan pada grup yang berisi para programmer yang sudah  berpengalaman. Anda perlu memahami apa yang dibuat dalam tutorial yang anda  lihat.

    1. Coding Sendiri

    Jangan anda membuat projek dengan mencopy-paste source code orang lain, itu akan membuat anda  tidak mengerti code tersebut. Belajarlah untuk mengetiknya sendiri. Jika anda hanya bisa copy-paste source code orang lain, anda tidak dapat melakukan kreasi pada projek anda, tentunya itu sangat merugikan. Kemampuan anda akan terbatas dan terpaku pada tutorial saja. Sangat tidak baik untuk anda yang ingin jadi programmer handal.

    1. Atasi Error’ Sendiri

    Jika anda memiliki masalah dengan codingan anda, berusahalah untuk mencari solusinya sendiri. Dengan itu, anda akan lebih terlatih lagi untuk membuat projek selanjutnya. Jangan mudah menyerah jika menjumpai error’, cari tau permasalahannya dan perbaiki errornya, jika anda sudah tidak mampu untuk mengatasi error tersebut, minta bantuan lah dengan orang yang lebih ahli dan minta dia untuk ajari  anda.

    1. Jangan Lupa Istirahat

    Untuk anda yang ketagihan dalam mengoding, jangan lupa lah untuk istirahat. Dengan istirahat, anda juga mengistirahatkan otak juga. Jika seperti itu, pikiran akan kembali fresh dan siap untuk mengoding kembali. Apapun yang anda pelajari akan mudah masuk jika otak anda focus dan tidak kelelahan. Jangan lupa tidur 8 jam dalam sehari untuk memulihkan tenaga anda.

    Sekian tips dari lancangkuning.com sampaikan, semoga dapat membantu anda.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Belajar Programming Otodidak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar