Penyebab Insomnia Pada Remaja

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Anda pernah mendengar kata Insomnia?? Insomnia adalah Suatu jenis gangguan tidur yang dialami seseorang dimana saat dia terbangun dari tidurnya diikuti oleh gangguan fungsional. Masalah Insomnia ini memang selalu terjadi pada orang dewasa, diperkirakan ada 30% orang dewasa mengalami susah tidur, dan lebih parah lagi sekitar 10% nya mengalami gejala yang berkaitan dengan insomnia, itu menurut The National Institutes of Health.

    Insomnia bukan hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan juga menyerang anak- anak. Sebenarnya apa definisi Insomnia?? Insomnia adalah paya tidur atau kesulitan untuk tidur lelap sepanjang malam, menurut National Sleep Foundation (NSF). Singkatnya walaupun tempat dan situai yang nyaman untuk tidur, namun penderita insomnia tetap susah memejamkan matanya untuk tidur.

    Sebenarnya apa sih penyebab Insomnia?? Dan bagaimana cara mengatasi insomnia??Yuk simak kutipan di bawah sama-sama.

    Penyebab Insomnia

    1. Stres

    Stres biasanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bisa terjadi kepada anak-anak, stress adalah penyebab insomnia pada anak menurut American Psychological Association (APA). Banyak hal yang menyebabkan anak menjadi insomnia, menurut Mom Junction, salah satu penyebab anak bisa stres adalah tekanan di sekolah mereka, dan juga tekanan terhadap teman-teman yang seumuran dengan anak kita. Maka jika anak anda tidak bisa tidur, jangan pernah dianggap sepele, karena keluhan yang di anggap sepele ini bisa berdampak besar. Sebaiknya luangkan waktu untuk curhat kepada anak.

    2. Gangguan tidur psikis dan medis

    Anak anda susah tidur??dan siang hari anak jadi ngantuk di sekolah. Menurut Harvard Health Publishing dari Harvard Medical School, menyebut bahwa anak mengalami masalah mental, seperti depresi, kecemasan, cenderung lebih sulit untuk tidur. Masalah lain yang dapat menyebabkan insomnia pada anak adalah kram otot, sleep apnea, growing pains, dan berbagai masalah kesehatan kronis yang lainnya. Kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan insomnia adalah ADHD, anak yang mengalami ADHD memang lebih sering mendapat gangguan tidur, menurut NSF.

    3. Faktor lingkungan

    Lingkungan sekitar juga bisa lo menyebabkan insomnia, mau orang dewasa maupun anak-anak. Jika lingkungan nya tidak mendukung anak bisa menyebabkan susah tidur. Dan sebaliknya, jika lingkungannya tenang dan aman, dapat sangat membantu anak untuk dapat tidur dengan nyenyak. Maka jika anak anda hanya bisa tidur saat lingkungannya tenang dan jauh dari keramaian, maka waspadai jika anak anda terkena insomnia.

    Cara mengatasi Insomnia

    1.  Jadwal tidur yang pas

    Seperti yang kita ketahui, kebutuhan tidur terhadap manusia selama 8 jam setiap harinya. Dengan menetapkan waktu tidur yang baik sesuai dengan waktu anda bangun akan membuat anda lebih nyaman saat tidur dan terhindar dari insomnia. Sebaiknya anda tidur antara jam 9-10 malam, karna jika anda tidur di atas jam 10, maka anda akan susah tidur.

    2. Tidak meminum minuman berkafein

    Apapun yang anda lakukan setiap malam, usahakan jangan meminum minuman yang mengandung kafein, contohnya saja kopi. Minuman kafein akan berdampak pada detak jantung yang berdetak lebih cepat sehingga membuat anda tetap terjaga/tidak bisa tidur. Selain itu, jika kita meminum minuman berkafein dapat menyebabkan buang air yang dapat mengganggu tidur anda. Usahakan jika anda ingin minum berkafein di bawah jam 8 malam, agar tidur anda nyenyak.

    3. Jauhkan gadget dari anda saat ingin tidur

    Gadget salah satu penyebab seseorang bisa menjadi insomnia, dengan anda memegang gadget maka anda lupa dengan waktu. Dan jika anda bermain gadget saat ingin tidur, anda akan terpengaruh dengan game, menonton youtube, dan social media. Kegiatan inilah yang dapat menyebabkan rasa ngantuk menghilang, dan dapat di serang oleh insomnia.

    Itulah beberapa penyebab insomnia dapat terjadi dan cara mengatasinya bagaimana, semoga bermanfaat bagi anda.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Insomnia Pada Remaja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar