Makanan dan  Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pada Saat Berbuka Puasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbagai macam menu takjil pada saat buka puasa. Dimulai dari kolak, sup buah, dan berbagai macam minuman es, kue- kue dan makanan lainnya. Setiap orang tidak pernah memikirkan manfaat ataupun bahaya dari makanan dan juga minuman yang dikonsumsi  pada saat berbuka puasa.

    Sedangkan, banyak terdapat makanan dan minuman yang tidak boleh atau tidak bak dikonsumsi pada saat ingin berbuka puasa. Sudah diteliti dari Studi Ilmu Kesehatan , dibawah ini adalah berbagai macam makanan dan juga minuman yang tidak boleh dikonsumsi pada saat berbuka puasa., antara lain sebagai berikut :

    Kopi

    Kopi ini tidak bagus untuk lambung kita apalagi pada saat perut kita lagi kosong. Apabila meminumnya pada saat perut lagi kosong maka bisa meningkatkan kadar asam ang terdapat di dalam perut. Makah hal tersebut bisa menimbulkan mulas, gangguan pencernaan, iritasi usus besar, maag, dan penyakit  Acid Reflux. Maka dari sekaranglah, harus menghilangkan kebiasaan ngopi apalagi pada saat perut kosong.

    Teh

    Teh manis dingin dan panas juga sudah menjadi kebiasaan orang untuk dijadikan menu berbuka puasa. Akan tetapi, alangkah baiknya hindarilah minuman teh manis pada saat berbuka puasa. Teh ini bisa mengurangi asam di dalam perut dan di dalam empedu. Hal tersebut dapat memicu akan terjadinya mual sehingga menimbulkan muntah, gugup, dan menurunnya nafsu makan. Jika dilakukan terus menerus bisa merusak lapisan dinding perut.

    Ice Cream

    Es krim ini sangat menarik untuk dijadikan menu berbuka puasa. Memakan es krim pada saat berbuka puasa sangat tidak baik untuk kesehatan karena perut masih kosong. Es krim ini mengandung gula yang cukup banyak dan suhu yang dingin sangat tidak baik untuk tubuh sehingga  bisa menimbulkan pembengkakan dinding perut.

    Yogurt

    Banyak orang yang mengatakan bahwa makan yogurt pada saat berbuka puasa ini sangat baik untuk kesehatan. Tapi jangan sampai tertipu dengan hal tersebut, karena mengkonsumsi yogurt pada saat berbuka puasa sangat tidak cocok apalagi perut kosong. Apabila perut kosong, asam yang terdapat di dalam perut  sangat tinggi, maka hal tersebut akan menimbulkan bakteri asam laktat yang terkandung di dalam yogurt akan cepat mati.  Sehingga yogurt ini akan kehilangan sebagian manfaatnya.  Jadi, dari pada membuang uang untuk membeli makanan yang kurang bermanfaat, lebih baik membuat makanan yang bagus untuk dijadikan menu berbuka puasa. Jika ingin mengkonsumsi yogurt alangkah baiknya  dikonsumsi setelah perut tidak kosong lagi sehingga asam yang terdapat di dalam perut akan menurun dan bakteri asam laktat yang ada di dalam yogurt bisa memberikan manfaat yang baik. 

    Minuman Bersoda

    Minuman bersoda memang sangat menggoda jika berbuka puasa apalagi dicampur dengan es. Akan tetapi, hal tersebut sangat tidak baik untuk tubuh karena minuman bersoda bisa merusak perut. Minuman bersoda ini mempunyai kadar asam dan gas yang cukup tinggi. Jika di konsumsi pada saat perut sedang kosong, kadar asam dari minuman bersoda ini akan beradu dengan asam perut sehingga dapat memicu terjadinya sakit perut, kram perut, dan juga perut kembung.  Rasa sakit di perut jika mengkonsumsi minuman bersoda akan terasa lebih sakit dibandingkan sakit perut biasa.

    Pisang

    Sebagian orang telah banyak menganggap jika mengkonsumsi pisang pada saat berbuka puasa itu sangat baik. Padahal pendapat itu salah. Akan tetapi, jika mengkonsumsi pisang pada saat berbuka puasa akan membawa dampak negatif  apalagi perut kosong. Karena di dalam pisang ini mengandung magnesium, Potasium, dan 25% gula yang terdapat di dalam pisang.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan dan  Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pada Saat Berbuka Puasa
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar