Cara Membatasi Pengguna Wifi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada saat ini untuk membuat Wifi anda tidak perlu lagi menggunakan perangkat khusus berupa akses point. Bahkan sekarang ini anda bisa membuat sebuah Wifi melalui smartphone anda masing-masing dengan cukup mengatur konfigurasinya.

    Hanya saja terkadang kita risih dengan banyaknya orang yang memakai jaringan Wifi kita sehingga terkadang jaringan Wifi pun menjadi lelet dan akan sangat mengganggu ketika kita sedang membutuhkan koneksi internet yang cepat.

    Adapun pada kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membatasi pengguna Wifi, berikut pembahasannya:

    1. Cara Membatasi Pengguna Wifi Dari Perangkat Router Access Point

    Router adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi sebagai pengatur lalu lintas baik jaringan yang masuk maupun jaringan yang keluar. Dengan adanya router juga membolehkan kita untuk mengatur siapa saja yang bisa masuk ke dalam jaringan Wifi kita.

    Bagi anda yang menggunakan router berikut ada dua cara untuk membatasi pengguna jaringan Wifi anda:

    Membuat Password

    Ketika kita membuat jaringan Wifi melalui perangkat router biasanya konfigurasi yang sering dilewatkan oleh orang awam adalah konfigurasi password. Sehingga membuat jaringan mereka bisa digunakan oleh siapa saja yang berada di dalam jangkauan Wifi.

    Mengaktifkan Fitur Mac Filtering

    Jika penggunaan password masih tetap tidak berpengaruh, maka ada salah satu cara yang bisa dibilang sebagai cara pamungkas untuk mengurangi atau membatasi pengguna jaringan anda. Trik ini dijamin sangat ampuh karena MAC address perangkat yang terhubung  akan kita tolak atau kita hapus dari daftar.

    Untuk batas standar pengguna Wifi yang disarankan adalah 15 hingga 20 orang. Dengan jumlah tersebut jaringan Wifi sendiri akan tetap pada kondisi yang terbaik jika hanya sekedar browsing, dan membuka media social.

    Router sendiri perlu dijaga dengan baik agar tetap mempunyai performa yang baik, ada baiknya jika anda melakukan restart kepada router anda setiap sekali seminggu, tetap menggunakan adaptor yang asli dan mematikan router ketika sedang tidak digunakan contohnya ketika anda sedang diluar rumah atau pada malam hari.

    2. Cara Membatasi Pengguna Wifi Tethering smartphone atau Hotspot Portable

    Di zaman seperti sekarang ini siapa sih yang tidak punya smartphone? Mulai dari balita hingga orang tua sekalipun memiliki smartphone yang canggih. Dengan menggunakan smartphone anda bisa membuat sebuah jaringan Wifi dimana saja dan kapan saja.

    Walau smartphone sudah bisa mendukung dalam pembuatan jaringan Wifi, namun tetap saja dalam masalah kemampuan akan sangat jauh berbeda dengan router ketika kita membandingkan dua perangkat ini.

    Untuk membatasi pengguna dari hotspot pada smartphone sama halnya dengan router. Anda bisa menggunakan password atau juga memblokir alamat MAC address perangkat yang terhubung dengan hotspot anda.

    Untuk hotspot pada smartphone sendiri sangat banyak manfaatnya, seperti sebagai pembantu ketika kita membutuhkan jaringan pada laptop. Atau untuk membantu teman yang sedang fakir kuota internet.

    Untuk fitur dari penggunaan password dan juga pemblokiran MAC address pada smartphone bisa dilakukan secara bersamaan. Sehingga jaringan hotspot anda akan sangat aman.

    Sekian artikel kali ini tentang bagaimana cara membatasi pengguna jaringan Wifi. Baik bagi anda yang menggunakan router sebagai access point atau menggunakan hotspot. Hal ini tentu sangat berguna bagi anda yang memang hanya ingin membagi jaringan kepada orang yang anda inginkan agar tetap hemat kuota dan juga agar jaringan anda tetap cepat.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membatasi Pengguna Wifi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar