KPU Respons Permintaan Pecat Komisioner Ilham Saputra

Daftar Isi

    Foto: Komisioner KPU Viryan.

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespons permintaan Barisan Advokat Indonesia (Badi) untuk mencopot Komisioner Ilham Saputra karena memiliki hubungan keluarga dengan tim sukses calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno.

    Komisioner KPU Viryan Aziz menyampaikan pihaknya siap menghadapi pelaporan di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait kasus Ilham.

    "Kalau dilaporkan ke DKPP silakan, setahu kami memang sudah dilaporkan. Pak Ilham siap untuk bersidang," kata Viryan saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (23/4).

    Viryan menyampaikan KPU senang pelapor menempuh jalur hukum lewat DKPP. Sebab DKPP memang dibentuk guna menengahi dugaan pelanggaran etika di kalangan penyelenggara pemilu.

    Baca Juga: Program Kartu Sakti Jokowi Masuk di APBN 2020

    Namun ia menyampaikan belum tentu dugaan yang dilaporkan ke DKPP berujung pencopotan dari jabatan. Ia mencontohkan kasus mantan Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay saat diduga bertemu dengan petinggi PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan dan Komjen (Pol) Budi Gunawan.

    "Padahal hanya papasan dan diajukan ke DKPP hasilnya adalah direhabilitasi dengan pujian. Jadi itu mekanisme yang baik-baik saja," ucapnya, dilansir dari CNN.

    Komisioner KPU Ilham Saputra dilaporkan ke DKPP oleh Barisan Advokat Indonesia karena memiliki hubungan keluarga dengan Yuga Aden, anggota tim sukses Sandiaga Uno.

    "Kami minta DKPP untuk memberhentikan Komisioner KPU Ilham Saputra sementara waktu hingga selesainya pengumuman hasil real count22 Mei," ujar Presidium Badi Nur Aris saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (23/4).

    Ketua KPU saat ini dijabat oleh Arief Budiman. Dalam tugasnya, Arief didampingi enam komisioner lain yakni Viryan, Ilham Saputra, Hasyim Asy'ari, Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, dan Evi Novida Ginting Manik.

    Pimpinan KPU dipilih oleh DPR untuk kemudian dilantik dan diambil sumpahnya oleh Presiden. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel KPU Respons Permintaan Pecat Komisioner Ilham Saputra
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar