Makanan Khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Tanjung Jabung Barat terkenal akan kelezatan makanan yang sangat khas dari kabupaten tersebut, serta kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki banyak berbagai macam jenis makanan yang sangat khas disana, rasa makanan khas di kabupaten Tanjung Jabung Barat sangat unik, selain enak dan unik makanan khas dari kabupaten ini sangat terkenal hampir dari seluruh penjuru Indonesia.

    Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu kabupaten yang berdiri di provinsi Jambi, dengan luas sekitar 5.009.82 KM². Kabupaten ini juga terbilang salah satu kabupaten terluas di provinsi Jambi, dengan memiliki luas yang cukup besar, kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata ataupun makanan tradisional yang sangat khas disana.

    Berikut beberapa makanan khas di kabupaten Tanjung Jabung Barat yang sangat menjunjung tinggi rasa unik dan enak dari makanan tersebut, anda harus dan wajib mencoba beberapa makanan ini ketika berada di kabupaten Tanjung Jabung Barat:

    1. Nasi Gemuk

    Makanan nasi gemuk sangat terkenal di provinsi Jambi, khususnya di kabupaten Tanjung Jabung Barat. Nasi gemuk hampir mirip tampilannya dengan nasi uduk yang ada di Jawa, jika di Jawa ada nasi uduk, maka di provinsi Jambi khususnya kabupaten Tanjung Jabung Barat juga memilki nasi gemuk, kedua nasi tersebut sama-sama melalui proses dikukus dengan paduan santan kelapa.

    Nasi gemuk sangat terkenal dan populer di kabupaten Tanjung Jabung Barat, selain banyak disukai oleh masyarakat di kabupaten Tanjung Jabung Barat, nasi gemuk juga terkenal di Negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura, tapi di Negara Malaysia nasi gemuk dinamakan nasi lemak disana.

    Rasa dari nasi gemuk tidak bisa diragukan lagi, dengan rasa yang sangat khas dari kabupaten Tanjung Jabung Barat, makanan ini selalu disantap oleh masyarakat kabupaten Tanjung Jabung Barat di setiap mengawali paginya. Untuk setiap paginya ketika para bapak memulai untuk bekerja, selalu di hidangkan nasi gemuk oleh istrinya, agar si bapak lebih semangat lagi untuk bekerja.

    Nasi gemuk juga di jual oleh masyarakat dari kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk mencari rezeki, biasanya nasi gemuk di jual dengan harga satu porsi berkisar 6.000-10.000, harga dari nasi gemuk sangat bersahabat dengan saku, dengan harga tersebut sudah dikasih lengkap dengan pelengkap makanan nasi, seperti telur rebus, teri goreng, bawang goreng, kacang tanah dan sambal.

    Hal yang membedakan antara nasi uduk dan nasi gemuk terdapat pada bahan pelengkapnya, pelengkap nasi gemuk seperti telur rebus, teri goreng, bawang goreng, kacang tanah dan sambal. Sedangkan nasi uduk tidak memakai pelengkap tersebut, yang di pakai pelengkap pada nasi uduk biasanya, tempe, tahu, sambal, kerupuk, bawang goreng dan pelengkap lainnya.

    2. Tempoyak, Lauk Rasa Durian

    Makanan tempoyak merupakan makanan yang sangat populer di kabupaten Tanjung Jabung Barat, makanan tempoyak di kabupaten Tanjung Jabung Barat sangat berbeda dari tempoyak yang ada di beberapa daerah lainnya.

    Tempoyak disini di buat dengan buah Durian yang difermentasi, buah Durian yang sudah di fermentasi akan menimbulkan rasa yang sangat enak dan memiliki rasa yang unik ketika dimakan. Keunikan yang tercipta dari buah Durian yang di fermentasi menjadi salah satu tujuan dan rasa penasaran bagi para wisata yang ingin mencicipi makanan khas satu ini.

    Tempoyak Durian sangat cocok dimakan dengan nasi dan juga sangat cocok bila dijadikan bumbu masakan, biasanya masyarakat di kabupaten Tanjung Jabung Barat memakan tempoyak Durian dengan nasi, karena jika di makan dengan nasi maka tercipta lah rasa yang sangat menggoyang dilidah dan pastinya rasanya akan sangat enak serta khas.

    Selain itu tempoyak durian juga terkenal di Negara tetangga kita yaitu Malaysia dan beberapa berbagai daerah lainnya seperti Bengkulu, Palembang, Lampung dan Kalimantan. Tempoyak durian di kabupaten Tanjung Jabung Barat sangat menjunjung tinggi rasa dan keunikannya, sehingga banyak di kenal oleh beberapa daerah dan juga  Negara tetangga kita.

    Makanan khas di kabupaten Tanjung Jabung Barat sangat menjunjung tinggi rasa khas dari Kabupatennya sendiri, sehingga dengan rasanya yang unik dan khas, menjadi salah satu rasa penasaran oleh orang yang ingin mencicipi makanan ini dari kabupaten ini.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar