Petisi Diteken 25 ribu, WNI Australia Desak Pemilu di Ulang

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi pemilu (Net)

    LancangKuning.Com, JAKARTA -- Petisi untuk menggelar pemungutan suara ulang pada pemilihan umum 2019 di Sydney,Australia, sudah diteken oleh setidaknya 25 ribu orang.

    Komunitas masyarakat Indonesia di Sydney mendesak pemungutan suara ulang setelah banyak orang mengaku tak bisa mencoblos karena waktu pembukaan TPS tidak sebanding dengan antrean panjang pemilih.

    "Komunitas masyarakat Indonesia di Sydney, Australia, menginginkan pemungutan suara ulang karena ratusan warga Indonesia yang mempunyai hak pilih tidak diizinkan menggunakan haknya padahal sudah ada antrean panjang di depan TPS Town Hall dari siang pada Sabtu 13 April lalu," bunyi petisi yang dilansir di change.org, Senin (15/4).

    Penggagas petisi yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo itu menganggap Panitia Pemilu Luar negeri (PPLN) Sydney tidak mampu menyelenggarakan pemungutan suara karena gagal mengakomodir semua pemilih yang hadir ke TPS hingga akhir waktu pencoblosan.

    Baca Juga: Tak Bisa Nyoblos, Pemilu di Hongkong Ricuh

    Ratusan WNI yang disebut telah mengantre hingga berjam-jam itu tetap tidak mendapat kesempatan memilih karena TPS sudah tutup.

    "Proses yang panjang dan ketidakmampuan PPLN Sydney sebagai penyelenggara menyebabkan antrean tidak bisa berakhir sampai pukul 18.00 waktu setempat," demikian bunyi keterangan petisi tersebut.

    "Ratusan orang yang sudah mengantre sekitar dua jam tidak dapat melakukan hak dan kewajibannya untuk memilih karena PPLN dengan sengaja menutup TPS tepat pukul 18.00 tanpa menghiraukan ratusan pemilih yang mengantre di luar."

    Sementara itu, PPLN Sydney mengaku pemungutan suara berjalan lancar. Sebanyak 25.381 pemilih terdaftar di PPLN Sydney.

    PPLN Sydney membuka 22 TPS, yakni 4 di Konsulat Jenderal RI Sydney, 5 TPS di Sydney Town Hall, 3 TPS di Marrickvulle Community Centre, 3 TPS di Yagoona Community, 3 TPS di Good Luck Paza, 2 TPS di Sherwood State School-Brisbane, dan 2 TPS di Adelaide State Library.

    Pemungutan suara dibuka sejak pukul 08.00-18.00 waktu setempat. PPLN Sydney menyatakan para pemilih tetap dan pemilih yang pindah lokasi sebagian besar juga terlayani dengan baik sejak pagi hari.

    PPLN Sydney mengaku antrean pemilih mencapai puncaknya menjelang pukul 17.00 waktu setempat. Hal itu diklaim karena banyak pemilih DPKLN yang ingin mencoblos.

    "Tidak sedikit pemilih yang datang adalah pemilih yang tidak terdaftar atau tidak tahu bahwa yang bersangkutan masuk dalam kriteria daftar pemilih khusus (DPKLN)-yang baru diperbolehkan mencoblos satu jam sebelum TPS di tutup yakni pukul 17.00-18.00," bunyi pernyataan PPLN Sydney yang diterima CNN Indonesia.com.

    PPLN Sydney juga mengakui bahwa masih banyak WNI yang berkumpul di depan TPS pada pukul 18.00 waktu setempat. Namun, panitia tetap tidak memperpanjang pembukaan TPS untuk para pemilih yang masih menunggu di luar gedung.

    "Penutupan TPS tetap dilakukan pada pukul 18.00. Pemilih yang berada di luar gedung telah diberi penjelasan bahwa waktu pencoblosan telah berakhir. Namun, pelayanan masih dilakukan pada pemilih yang sudah memasuki TPS hingga pukul 19.00." (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Petisi Diteken 25 ribu, WNI Australia Desak Pemilu di Ulang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar