Kofo-kofo Makanan Khas Nias

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indonesia mempunyai banyak sekali kuliner di setiap daerah nya, contoh nya di Bandung makanan khas nya adalah Seblak, di jogja ada makanan khasnya yang bernama Gudeg, dan di riau nama makanan khas nya adalah Gulai Ikan Patin. Jika kita berpindah sedikit ke barat Sumatra, kita akan di sambut dengan Rendang yang sangan nikmat dari padang.

    Jika kita ke Sumatra selatan, kita akan di sambut dengan Pempek khas Palembang, dan jika kita pergi ke Sumatra utara, kita akan di sambut dengan makanan khas nias yaitu Kofo-kofo atau orang biasa menyebutnya olahan ikan tanpa duri khas Nias.

    Nias merupakan sebuah pulau yang terletak di barat Sumatran, Indonesia, dan secara administratif termasuk dalam wilayah Sumatra utara. Pulau nias merupakan pulau paling maju dan terbesar di antara jejeran pulau di pantai Sumatra barat, dan rata-rata dihuni oleh mayoritas Nias (Ono Niha) yang masih memakai budaya megalitik. DI nias memiliki banyak sekali objek wisata, diantaranya rumah tradisional, penyelaman, selancar, dan yang paling populer adalah Hombo Batu atau sering di sebut lompat batu. Luas pulau nias 5.625 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 1.000.000 jiwa. Rata-rata 90% mayoritas di daerah ini beragama Kristen Protestan, dan sisanya ada yang beragama hindu, islam, khatolik.

    Pada awalnya, pulau Nias hanya memiliki 1 kabupaten saja, setelah dimekarkan menjadi 4 kabupaten dan 1 kota, yaitu :

    ~ Kabupaten Nias

    ~ Nias Selatan

    ~ Nias Barat

    ~ Nias Utara

    ~ Kota Gunungsitoli

    Makanan Kofo-kofo khas Nias

    Soal kuliner Nias punya sajian tersendiri, makanan pokok orang Nias adalah sagu dan ubi. Salah satu kuliner yang wajib kalian coba jika kalian berkunjung ke nias adalah Kofo-kofo.

    Kofo-kofo adalah sebuah makanan yang berbahan dasar ikan. Cara memasak Kofo-kofo di bagi menjadi 2, yang pertama Ikan yang sudah tertangkap terlebih dahulu dibuang duri dan kulitnya lalu di goreng, setelah itu diolah lagi dengan santan. Lalu yang ke dua sebelum di goreng ikan dihaluskan dan di tumbuk terlebih dahulu, setelah itu di campur dengan telur dan di padatkan seperti di buat bulat-bulat, lalu di asap atau di keringkan. Pengolahan ini cukup panjang tetapi diakui dapat membuat sajian yang istimewa.

    Makanan Kofo-kofo berasal dari Kecamatan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan. Pulau kecil ini di sebelah selatan pulau Nias, yang terletak berdekatan dengan pulau lebih besar yaitu pulau Tanah masa dan Tanah bala. Kofo-kofo disebut juga gulai ikan  Dengan ikan yang terlebih dahulu di goreng membuat cita rasa gula sangat gurih. Dan lebih enak lagi jika disajikan di siang hari

    Bagi kalian yang ingin mencoba membuat Kofo-kofo di rumah, bumbu yang di butuhkan tidak terlalu sulit untuk di cari, Bumbu yang di gunakan saat membuat Kofo-kofo tidak jauh berbeda dengan membuat gulai, seperti bawang merah, cabai, kunyit , dan banyak lagi yang lainnya. Jika kalian pergi jalan-jalan ke Nias, belum lengkap rasanya jika kalian belum mencoba makanan khas nya yaitu Kofo-kofo.

    Jadi tertarik pergi ke Nias?? Indonesia sangat luas, Indonesia banyak pulau yang berjejer tapi banyak yang tidak kita ketahui, salah satunya Nias. Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang sangat enak dari Nias, jika kalian penasaran langsung saja ke sana.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kofo-kofo Makanan Khas Nias
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar