Efek Makan Es Batu Saat Ibu Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perubahan hormon dari kondisi fisik ibu yang sedang berbadan dua akan menimbul berbagai kebiasaan yang dilakukannya setiap hari, salah satunya adalah ibu yang sedang berbadan dua sering mengkonsumsi es batu yaitu dengan cara dikunyah. Nah sebagian besar kondisi  ini sering dikaitkan dengan kondisi yang bermula dari mual dan muntah pada awal usia kehamilan.

    Dengan mengunyah es batu, ketika di konsumsi memiliki cita rasa tersendiri yang rasanya menyegarkan pada tubuh yaitu bermula dari mual-mual dan rasa gerah di tubuh berkurang.

    Penyebab kemunculan keinginan makan tertentu pada ibu hamil.

    Ibu yang sedang berbadan dua sudah tentu memiliki keinginan yang unik atau disebut dengan “mengidam”, hal ini sering terjadi karena perubahan hormon pada ibu hamil bisa juga di katakan ekstrem karena nafsu makanan ibu memiliki perubahan yang aneh dan unik, terkadang terjadi pada ibu hamil salah satunya tidak berubahnya nafsu makan pada ibu.

    Oleh karena itu, ibu hamil saat mengidam sebaiknya mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat, misalnya buah-buahan dan bisa juga mengkonsumsi kismis, yaitu buah yang dikeringkan.

    Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak digemarinya, ibu hamil tersebut akan cenderung memiliki risiko yang tidak baik dan kekurangan gizi. Hal tersebut akan berdampak pada bayi.

    Penyebab ibu hamil mengkonsumsi es batu.

    Penyebab dari mengkonsumsi es batu dengan cara dikunyah yaitu salah satunya kondisi yang akan menimbulkan kurangnya zat besi atau juga bisa disebutkan dengan tanda terjadinya anemia zat besi pada ibu hamil.

    Hal ini   akan menyebabkan kekurangan gizi pada ibu hamil yang akan berisiko pada bayi di dalam perut dan akan mengalami craving, bahkan ibu hamil tersebut lebih sering mengkonsumsinya dan cenderung kekurangan gizi bahkan tidak layak di konsumsi.

    Apakah dampak dari kondisi ibu hamil jika sering mengkonsumsinya?

    1. Akan menimbulkan gejala pada tenggorokan atau sakit radang tenggorokan.
    2. Aka menimbulkan kerusakan pada gigi dan gusi.
    3. Beratnya metabolisme pada tubuh ibu, karena tubuh harus sesuai dengan suhu cairan es agar dapat diserap pada tubuh dengan baik.

    Nah, ketiga hal tersebut tidak terlalu di anggap berbahaya, dan bukan berarti aman karena juga mengganggu kesehatan pada ibu hamil.

    Cara mengati rasa keinginan ibu hamil mengkonsumsi es batu.

    Cara menghindari hal tersebut ada dua cara yang bisa dilakukan ibu hamil adalah.

    1. Mengganti es batu dengan buah yang sudah dibekukan di lemari es

    Buah adalah makanan yang sehat untuk ibu hamil akan menjaga asupan pada bayi di dalam. Agar hal tersebut bisa terbiasa dengan memberikan manfaat, maka ibu harus menggantikan es batu tersebut dengan buah yang sudah dibekukan. Buah yang dibekukan yaitu, stroberi, jeruk, bluberi, bisa juga es dari buah yang bisa dilakukan agar asupan pada ibu bergizi dan bervitamin.

    1. Memenuhi kebutuhan zat besi

    Hal-hal yang terpenting bagi ibu hamil yang juga bisa dilakukan adalah dengan terpenuhnya gizi dan zat untuk  ibu hamil, hal ini akan menimbulkan gejala anemia dan berkurangnya asupan makan dan akan berdampak pada bayi yang dikandungnya.

    Nah, setelah anda sudah membaca penjelasan efek dari mengkonsumsi es batu untuk ibu hamil. Tentu anda akan mengerti betapa buruknya gizi pada ibu hamil jika mengkonsumsinya, semoga bermanfaat.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Efek Makan Es Batu Saat Ibu Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar