Apa Hal Terburuk Bagi Pilot Saat di Pesawat?

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi pilot (Thinkstock)

    LancangKuning.Com, Jakarta - Menjadi seorang pilot, pasti memiliki tantangan. Apa hal terburuk yang bisa menimpa pilot saat sedang menerbangkan pesawat?

    Dilansir dari USA Today dengan rubrik 'Ask the Captain', dilihat detikcom, Rabu (3/4/2019) John Cox seorang mantan kapten pilot US Airways dan konsultan keselamatan penerbangannya Safety Operating Systems menjawab berbagai pertanyaan dari netizen.

    Salah satu pertanyannya adalah apa hal terburuk yang dapat menimpa pilot saat di pesawat?

    "Hal terburuk bagi saya adalah jika ada api di dalam pesawat saat terbang dan tidak bisa dikendalikan," kata John Cox.

    Baca Juga: Indonesia Paling Banyak Pasang Aplikasi Android Berbahaya

    Menurut Cox, api di dalam pesawat adalah salah satu situasi paling serius yang dihadapi seorang pilot. Setelah mengenakan masker oksigen, seorang pilot akan mengumumkan keadaan darurat dan mendarat di bandara terdekat.

    "Saya sarankan untuk membaca 'Royal Aeronautical Society's Specialist Document Smoke and Fire in Transport Aircraft 2013'. Di situ diulas lebih lengkap, ada kok di internet," paparnya.

    Selain api di dalam pesawat, hal terburuk lainnya yang masuk kategori paling bahaya adalah kehilangan kendalipesawat. Hal itu yang banyak menyebabkan kecelakaan jatuhnya pesawat.

    "Jika Anda melihat kecelakaan yang bukan saat kondisi lepas landas atau mendarat, maka kategori kecelakaan terbesar adalah kehilangan kendali. Ada banyak penyebabnya, tetapi industri penerbangan terus membuat kemajuan yang baik untuk menanggulangi hal tersebut," tutup Cox. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Hal Terburuk Bagi Pilot Saat di Pesawat?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar