Oleh-oleh Khas Jambi Kekinian

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jambi merupakan kota yang banyak menyimpan ciri khas yang wajib untuk di coba. Tidak hanya memiliki tempat wisata seperti candi Muaro, Danau Sipin, Jambi juga memiliki banyak oleh-oleh yang bisa kamu bawa untuk sanak saudara di rumah.

    Kamu penasaran apa saja oleh-oleh dari Jambi yang bisa kamu bawa pulang untuk sanak saudara? Baiklah kali ini kita akan membahas oleh-oleh Jambi yang wajib kamu bawa pulang.

    1. Dodol Nanas

    Masyarakat Jambi banyak menjadi nanas sebagai bahan dasar untuk membuat makanan salah satunya untuk membuat dodol. Dodol ini buat tanpa menggunakan bahan pengawet. Meski tanpa pengawet dodol ini bisa bertahan lama sehingga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Dodol ini memiliki rasa khas yang legit dari nanas. Dodol ini bisa dapatkan di wilayah Muaro Jambi.

    1. Duku Kumpeh

    Duku Kumpeh merupakan duku khan Jambi yang berbeda dengan duku lainnya. Nama duku ini berasal dari nama salah satu kecamatan di Jambi yaitu Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi. Duku Kumbeh banyak tumbuh di daerah ini, rasa duku ini sangat manis, dengan kurang yang besar, dan biji tidak ada. Membuat buah ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara.

    1. Bolu Kojo Jambi

    Bolu ini mirip dengan Bolu Kojo yang berasal dari Palembang. Namun terdapat perbedaan di antara keduanya. Bolu Kojo Palembang disajikan menggunakan lapisan, sedangkan Bolu Kojo Jambi tidak disajikan dengan lapisan.

    Pada mulanya bolu ini sering disebut bolu kamboja karena cetakannya berbentuk seperti bunga kamboja. Bolu ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis, dan aroma pandan menjadikan bolu ini sangat enak dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

    1. Lempok Durian Jambi

    Lompok durian atau dodol durian khas Jambi ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Dengan rasa durian yang manis dan legit menjadikan Lompok ini sebagai cemilan khas jambi yang disukai oleh banyak orang.

    1. Pempek Jambi

    Pempek tidak hanya ada di Palembang. Di Jambi juga ada pempek khas lo. Pempek khas Jambi sangat berbeda dengan pempek Palembang karena cuka pada pempek Jambi tidak akan merusak gigi. Pempek ini biasanya disajikan di acara besar, namun sekarang sudah banyak dijual untuk dinikmati oleh para wisatawan.

    1. Kopi Bubuk Cap AAA

    Bagi kamu yang suka minum kopi, kopi AAA adalah salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang dan dicoba di Jambi. Kopi yang di bungkus sebesar bungkus rokok ini merupakan kopi dari sebuah perusahan. Seiring dengan berjalannya waktu kopi ini menjadi kopi khas Jambi. Kopi ini dijual bersama dengan pempek yang dapat kamu temui dengan mudah di Jambi.

    1. Dodol Kentang

    Dodo ini merupakan olah unik yang hanya ada di Jambi. Hal ini berawal dari hasil pertanian kentang yang di tanam di kawasan kaki gunung Kerinci, Jambi. Karena banyaknya kentang hasil pertanian masyarakat menjadikan kentang sebagai bahan dasar membuat dodol. Dodol ini memiliki tekstur yang halus dan tidak begitu kenyal.

    1. Batik Jambi

    Indonesia terkenal dengan batik, hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia memiliki batik khas begitu juga dengan Jambi. Batik Jambi memiliki keunikan yang berbeda membuat para pengunjung menjadikan batik sebagai oleh-oleh. Apabila kamu berkunjung ke Jambi jangan lupa untuk membeli batik Jambi ini.

    Itulah beberapa oleh-oleh khas Jambi yang bisa kamu bawa pulang jika berkunjung ke Jambi. Semoga bermanfaat.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-oleh Khas Jambi Kekinian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar