Makanan Khas Kabupaten Pidie Jaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pidie Jaya merupakan kabupaten yang terdapat di Provinsi Aceh. Pidie Jaya memiliki total penduduk sekitar 157.290 kilometer2 dengan luas wilayah kurang lebih sekitar 1.073,61 kilometer2. Pidie Jaya selain terdapat tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berkunjung ke aceh, di sini juga terdapat makanan khas yang wajib anda coba dan cicipi karena memiliki citra rasa yang tidak terkalahkan di bandingkan dengan makanan khas yang berasal dari daerah lain. Di sini saya akan membahas macam-macam makanan khas yag berasal dari kabupaten Pidie Jaya provinsi Aceh.

    1. Sate Matang

    Sate Matang merupakan makanan yang berasal dari provinsi aceh yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Sate Matang memiliki rasa yang khas karena sate matang ini telah di campurkan dengan bumbu khas dari aceh kemudian di bakar. Makanan khas dari aceh ini memiliki rasa yang gurih. Sate Matang ini juga biasanya di sajikan dengan kuah soto yang membuat makanan ini makin enak untuk di santap. Ketika anda mengunjungi ke kabupaten Pidie Jaya provinsi Aceh jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini karena rasa sate matang ini tidak kalah dengan sate yang berada di daerah lain.

    2. Ayam Tangkap

    Ayam Tangkap merupakan salah satu  makanan yang berasal dari provinsi aceh kabupaten Pidie Jaya. Ayam Tangkap ini terbuat dari ayam yang telah di potong kemudian di goreng. Setelah di goreng, kemudian ayam tersebut di campur dengan cabai hijau dan daun teumura kemudian di taburi dengan bawang goreng. Jika anda mengunjungi kabupaten Pidie Jaya provinsi aceh, jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini karena ayam tangkap ini memiliki ciri khas yang berbeda di bandingkan dengan menyantap ayam goreng.

    3. Ungkot Kemamah

    Ungkot Kemamah merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Ungkot Kemamah ini terbuat dari olahan ikan tuna yang telah di rebus kemudian di keringkan. Setelah itu, makanan ini di campurkan dengan kentang, santan kelapa, cabai hijau dan bumbu rempah-rempah asli dari daerah aceh sehingga dapat membuat cita rasa yang menarik. Ungkot Kemamah wajib anda coba bersama keluarga saat berkunjung ke provinsi aceh kabupaten Pidie Jaya karena makanan ini memiliki rasa yang enak dan menarik untuk di santap atau di konsumsi.

    4. Gulai Kambing

    Gulai kambing merupakan makanan khas yang terbuat dari olahan daging kambing dan di campurkan dengan bumbu-bumbu asli yang berasal dari provinsi Aceh. Uniknya gulai kambing ini biasanya di buat dalam jumlah yang besar dengan menggunakan kuali yang besar. Gulai kambing ini juga tidak memiliki aroma kambing karena telah di sajikan menggunakan rempah yang khas dari daerah aceh. Anda wajib untuk mencoba yang satu ini karena selain memiliki rasa yang khas dan menarik juga tidak terdapat aroma kambing pada saat di konsumsi.

    5. Pisang Sale

    Pisang Sale merupakan makanan khas yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pisang sale ini terbuat dari olahan pisang yang kemudian di campur dengan gula tebu dan diasapkan. Pisang Sale ini memiliki rasa yang manis sehingga makanan ini banyak diminati oleh masyarakat aceh. Pisang sale ini wajib untuk anda coba dan cicipi ketika anda berkunjung ke kabupaten Pidie Jaya provinsi aceh saat masa liburan.

    Itulah berbagai macam makanan khas yang berasal dari kabupaten Pidie Jaya provinsi aceh yang wajib untuk di coba dan di nikmati ketika berkunjung ke daerah ini saat liburan sehingga membuat liburan anda semakin menarik dan menyenangkan.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kabupaten Pidie Jaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar