Skill Yang Harus Dimiliki Programmer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Programmer adalah seseorang yang memiliki pekerjaan menganalisis, menyusun, mengedit, menguji notasi kode pemrograman atau yang di sebut dengan Bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah system atau program yang bertujuan untuk menjalankan tugas tertentu secara otomatis.

    Di Indonesia sendiri programmer tidak banyak di kenal tetapi di luar negeri apalagi negara maju, programmer bukan hal yang tidak asing lagi dan banyak yang berlomba-lomba menjadi seorang programmer. Programmer di Indonesia memiliki gaji yang sedikit di bandingkan dengan gaji di luar negeri.

    Tapi hal tersebut bukan menjadi suatu halangan bagi programmer karena mereka bisa bekerja secara freelance atau pekerja lepas ataupun berkerja di suatu perusahaan. Seorang programmer di hargai oleh suatu perusahaan atau instansi negara dengan melihat pengalamannya. Jika anda ingin menjadi programmer skill basic atau dasar yang harus dimiliki adalah sebagai berikut.

    1. Bahasa Inggris

    Kenapa harus belajar Bahasa inggris dulu sebelum menjadi seorang programmer? Karena Bahasa  inggris merupakan Bahasa internasional dan dokumentasi Bahasa pemrograman umumnya di tulis dengan Bahasa inggris. Belajar Bahasa inggris selain untuk membaca dokumentasi Bahasa pemrograman anda bisa mencari referensi ketika lagi stuck, memahami pesan error di suatu program, belajar di web luar dan masih banyak lagi.

    2. Membaca Source Code

    Membaca Source Code merupakan skill basic yang harus di miliki seorang programmer. Membaca source code kedengarannya mudah untuk di lakukan tetapi jika tidak sejalan dengan logika maka anda akan kebingungan. Membaca source code ini berguna jika anda bekerja secara tim, mengedit code ataupun membuat syntax code itu sendiri.

    3. Debugging

    Debugging merupakan skill dasar yang wajib di miliki seorang programmer. Debugging berfungsi untuk mencari bug atau kesalahan dari suatu program yang telah di buat sebelumnya. Debugging juga berfungsi untuk menjaga system dari serangan hacker atau cracker supaya tidak mudah mengubah notasi code atau berfungsi untuk menjaga system supaya bekerja sesuai dengan alur yang di harapkan.

    4. Membaca Dokumentasi

    Membaca Dokumentasi adalah skill yang wajib di miliki oleh setiap programmer karena jika seseorang yang ingin menjadi programmer tetapi tidak bisa membaca dokumentasi membuat anda kesusahan untuk menuliskan syntax code atau code pemrograman yang di gunakan untuk membangun sebuah system. Membaca Dokumentasi berfungsi untuk mengenal code-code dari masing-masing Bahasa pemograman yang di pakai untuk membuat program.

    5. Belajar Bahasa Pemrograman

    Belajar Bahasa Pemrograman merupakan skill yang juga wajib di miliki oleh seorang programmer. Saat ini, Bahasa pemrograman telah banyak jenisnya dengan memiliki keunggulannya masing-masing. Jika anda bingung memilih Bahasa pemrograman mana yang harus di pelajari terlebih dahulu maka jawabannya tergantung apa yang ingin anda buat. Jika anda ingin membuat web development atau web dinamis, Bahasa yang di perlukan adalah Bahasa pemrograman Php.

    Jika anda ingin membuat aplikasi mobile atau aplikasi smartphone maka Bahasa yang di perlukan adalah java dan php. Jika anda ingin membuat aplikasi mobile untuk apple maka Bahasa pemrograman yang di gunakan adalah Swift. Jika anda ingin membuat aplikasi Dekstop atau berbasis windows Bahasa pemrograman yang di gunakan adalah Bahasa pemrograman Visual Basic. Jika anda ingin membuat game Bahasa pemrograman yang harus di gunakan adalah Bahasa C#.

    Jadi itulah skill yang harus dimiliki seseorang jika ingin menjadi seorang programmer yang handal.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Skill Yang Harus Dimiliki Programmer
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar