Izin PT Joe Penta Wisata Dicabut, Gagal Berangkatkan Jamaah Umrah

Daftar Isi

    PEKANBARU-Gagal berangkatkan jamaah umrah, dua travel umrah atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) izinnya dicabut Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama.  

    Dua PPIU ini adalah PT. Joe Penta Wisata di Pekanbarudan PT. Bumi Minang Pertiwi di Sumatera Barat. Selain dua ini, tiga PPIU lainnya juga diberikan sanksi tegas. 

    "Dua PPIU sudah dicabut izinnya, sedang tiga PPIU diberi peringatan tertulis," kata Direktur Bina Haji Khusus dan Umrah Arfi Hatim dalam keterangan persnya seperti disampaikan Humas Kanwil Kemenag Riau, Musdhalifah di Pekanbaru, Selasa, (26/3/2019).

    Menurut dia, sanksi diberikan sebagai bentuk penegakan hukum atas setiap pelanggaran yang dilakukan PPIU.

    Ia mengatakan, sanksi disesuaikan dengan pelanggaran yang telah dilakukan PPIU dan sanksi pencabutan izin diberikan karena PPIU terbukti gagal memberangkatkan jamaah.

    Jumlahnya variatif, katanya lagi tapi totalnya lebih dari dua ribu jamaah sampai dengan surat keputusan sanksi ini diterbitkan.

    "PT. Bumi Minang Pertiwi dicabut izin karena gagal memberangkatkan lebih seribu jamaah umrah. Sedangkan PT. Joe Penta Wisata gagal memberangkatkan ratusan jemaah," katanya.

    Ia menjelaskan meski dicabut izin penyelenggaraan umrahnya, PT. Bumi Minang Pertiwi dan PT. Joe Penta Wisata tetap memiliki kewajiban menyelesaikan tanggungjawabnya kepada jamaah, baik mengembalikan uang atau memberangkatkan jamaah yang sudah mendaftar kepada PPIU lainnya.

    Selain itu, tiga PPIU mendapat peringatan tertulis karena melanggar ketentuan standar pelayanan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang telah ditetapkan perundang-undangan. Ketiga PPIU tersebut adalah PT. Bahtera Nurani Pratama, PT. Sutra Tour Hidayah dan PT. Mubina Fifa Mandiri.

    "Jangan ulangi pelanggaraan karena akan menimbulkan sanksi yang lebih besar, termasuk sanksi pembekuan izin," dan sanksi diberlakukan untuk memberikan efek jera dan agar tidak ditiru atau dilakukan PPIU lainnya," katanya.(haz/ant)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Izin PT Joe Penta Wisata Dicabut, Gagal Berangkatkan Jamaah Umrah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar