Makanan Khas Halmahera Barat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Halmahera Barat ialah salah satu Kabupaten yang berlokasi di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Kabupaten yang beribukotakan Kota Jailolo ini memiliki penduduk sejumlah 123.209 Jiwa pada sensus 2015.

    Selain terkenal akan Wisata Alamnya, Halmahera Barat juga memiliki beragam jenis Makanan khas daerah yang unik dan sangat menggoda untuk dicoba. Selain Makanan yang berbahan dasar Ikan Laut sebagai Menu Pembuka ketika Makan siang atau Makan malam, di Halmahera Kamu juga dapat Menemukan Menu Cemilan atau Makanan Penutup seperti Kue atau Cake yang pada umumnya dibuat dengan campuran Singkong.

    Apa saja itu? Simak berikut beberapa Makanan khas Halmahera Barat yang Wajib Kamu Coba ketika Kamu berkunjung ke tanah Maluku Utara ini.

    1. Ikan Bakar Sambal Acar

    Ikan Bakar Sambal Acar ialah salah satu Menu yang paling banyak dicari apalagi Ketika pada saat Makan Siang. Ikan Bakar Sambal Acar sendiri sudah banyak di tersebar di Penjuru Indonesia dan hingga sekarang sudah terdapat lebih dari 300 Resep Bumbu Ikan Bakar Sambal Acar.

    Ikan laut yang baru dibakar memiliki rasa Manis Gurih ditambah dengan Sambal Acar akan membuat Kamu puas menyantap Makanan yang satu ini. Selain rasanya yang sedap, Ikan yang berasal dari Laut juga pada umumnya memiliki Protein yang sangat tinggi, sehingga bagus untuk kesehatan.

    2.  Kue Singkong

    Halmahera Barat merupakan salah satu Kabupaten yang gemar memanfaatkan Singkok dan mencampurkannya kedalam Kue sebagai Bahan utama. Kue Singkong sendiri memiliki tekstur yang lembut dengan rasa Manis khasnya Halmahera Barat, dan sangat cocok untuk dimakan bersama Keluarga ataupun dibawa Pulang.

    Kue Singkong biasanya disajikan dengan berbagai Varian rasa dan Topping di atasnya sehingga Kue ini tidak akan membuat Kamu bosan. Apakah Kamu tertarik?

     3. Ikan Bakar Dabu-dabu Manta

    Sama seperti Ikan Bakar Sambal Acar, Ikan Bakar Dabu-dabu Manta juga menjadi Menu favorit di Halmahera Barat, baik itu warga lokal ataupun pengunjung. Ikan Bakar Dabu-dabu ini dapat menjadi Pilihan atau Preferensi Anda jika ingin Makan Siang di Halmahera Barat. Ikan ini juga disajikan bersamaan dengan sambal atau cabai khas buatan Halmahera Barat sebagai Penyedap rasa di atasnya.

    4. Rica Rodo

    Rica Dodo merupakan Makanan yang sangat terkenal di bagian Tengah Indonesia, bahkan sekarang sudah mulai menjalar ke Pulau Jawa dan Sumatera. Rica Dodo umumnya dikenal dengan Masakan khas Manado, dan Kamu juga dapat menjumpai Rica Dodo di Halmahera Barat dengan Bumbu dan Resep khusus buatan Halmahera Barat.

    Rica Dodo merupakan campuran dari berbagai rempah-rempah yang dimasukkan kedalam satu mangkok hingga menghasilkan rasa yang begitu segar. Campuran bumbu-bumbu khas Nusantara dicampurkan sehingga terbentuklah Rica Dodo. Rica Dodo memiliki rasa yang beragam, sesuai dengan bumbu yang dicampurkan ke dalamnya, bisa itu Manis, Pedas, ataupun keasam-asaman. Rica Dodo harus Kamu coba.

    5. Ayam Garo

    Untuk Kamu pemburu Makanan Pedas khas Nusantara, Ayam Garo bisa menjadi Preferensi dan Menu wajib yang harus Kamu coba. Ayam Garo merupakan Menu asli yang sudah Populer di Maluku, rasa nya yang pedas nikmat membuat Masakan yang satu ini melegenda.

    Dalam Pengolahannya, Ayam Garo pada umumnya memiliki bumbu seperti Merica, Cabe Rawit, Kemiri, lalu dicampurkan dengan bumbu khas Halmahera Barat membuat Ayam Garo ini begitu Nikmat. Rasa yang terdapat di dalamnya pun didominasi rasa pedas dan rasa dari berbagai Bumbu yang telah dicampurkan.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Halmahera Barat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar