Makanan Khas Sarolangun

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sarolangun merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jambi. Kabupaten Sarolangun ini memiliki luas wilayah sekitar 6.175 kilometer2 dengan jumlah penduduk sekitar 246.250 jiwa. Jika anda mengunjungi provinsi Jambi, berkunjunglah ke kabupaten Sarolangun. Di Kabupaten Sarolangun selain terdapat tempat wisata, di sana juga terdapat makanan khas yang wajib anda bersama dengan keluarga anda mencobanya. Di sini saya akan memberikan macam-macam makanan khas yang terdapat di kabupaten Sarolangun.

    1. Dendeng Batokok

    Dendeng Batokok merupakan  makanan khas yang terdapat di kabupaten Sarolangun ini. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang di iris dan di rebus ke dalam air kelapa yang telah di campur menggunakan jahe dan bawang putih. Seperti namanya dendeng batokok ini dipukul dengan palu saat daging sudah empuk kemudian dendeng batokok ini di bakar dan setelah itu di campur menggunakan sambal merah. Dendeng Batokok juga enak di konsumsi dengan nasi. Dendeng Batokok wajib anda coba ketika anda mengunjungi kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

    2. Empek-Empek

    Empek-empek merupakan makanan yang berasal dari olahan ikan gabus atau ikan tengiri dan sagu. Empek-empek merupakan makanan yang berada di Palembang tetapi Empek-empek adalah makanan yang sangat populer di provinsi jambi. Empek-Empek ini enak di konsumsi dengan saus yang berwarna hitam atau yang di kenal dengan sebutan cuka. Di jambi, jenis empek-empek yang terkenal yaitu telur ayam yang telah di bungkus dengan adonan kemudian di goreng dengan minyak panas. Empek-empek wajib anda coba saat berkunjung ke kabupaten Sarolangun karena empek-empek yang berada di jambi tidak jauh berbeda dengan empek-empek yang berada di Palembang.

    3. Martabak Mesir

    Martabak Mesir merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung yang di campur dengan telur, daging sapi cincang dan lainnya. Martabak Mesir merupakan makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia karena makanan ini bisa langsung di santap dan juga enak di konsumsi dengan kuah martabak yang terbuat dari kecap, tomat, dan yang lainnya. Martabak Mesir ini merupakan makanan yang populer di provinsi jambi. Martabak mesir ini wajib anda coba saat berkunjung ke provinsi jambi karena martabak mesir yang berada di jambi juga tidak kalah dengan martabak mesir yang berada di daerah lain.

    4. Gulai Ikan Patin

    Gulai Ikan Patin merupakan makanan yang terbuat dari ikan patin kemudian gulainya di masak menggunakan tempoyak yakni buah durian yang sudah di fermentasikan. Gulai Ikan Patin adalah makanan yang populer di provinsi jambi karena gulai ikan patin ini telah di campur dengan lengkuas, serai, kunyit, cabe merah, bawang putih dan bawang merah. Gulai ikan patin ini wajib anda dan keluarga anda coba saat anda berkunjung ke provinsi jambi.

    5. Padamaran

    Padamaran merupakan makanan yang di buat menggunakan tepung beras, gula merah, dan santan. Padamaran memiliki warna hijau dengan aroma yang khas yang berasal dari daun pandan yang telah di ambil sarinya. Padammaran ini merupakan makanan yang terdapat di provinsi jambi dan dapat anda temukan di sekitar tempat untuk oleh-oleh dari jambi. Padamaran ini wajib untuk anda bersama keluarga coba dan cicipi saat berkunjung ke provinsi Jambi kabupaten Saralongun ini.

    Itulah macam-macam makanan khas yang terdapat di kabupaten Saralongun provinsi jambi.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Sarolangun
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    66%

    Komentar