Oleh-Oleh Khas Payakumbuh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jika anda sedang berjalan-jalan di Kota Padang, Sumatera Barat, ada berbagai macam kuliner dan oleh-oleh yang bisa anda nikmati, dan tidak hanya itu Sumatera Barat ada juga keindahan alam yang sungguh menakjubkan serta bangunan-bangunan adatnya yang begitu kental. Jika anda selesai berwisata di Sumatera Barat jangan lupa membawa oleh-oleh khas Padang sebelum anda kembali pulang ke rumah.

    Oleh-oleh yang anda bawa adalah buah tangan dari Sumatera Barat. Yang berbentuk makanan ataupun barang-barang seperti pernak pernik souvenir.

    Berikut ini adalah oleh-oleh khas padang Sumatera Barat:

    1. Roti Randang

    Roti ini adalah makanan yang terlezat di dunia yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Padang. Roti ini beralamatkan di jalan Proklamasi dengan bervarian rasa roti, tapi yang terpopuler adalah roti rendang. Roti ini isianya ada berbagai macam. Di mulai dari roti rendang, Roti daging sapi, roti daging ayam, dan ada juga roti rendang kacang merah. Yang isianya di giling halus dan akan isi di dalam roti.

    Harga roti ini dihargai hanya 6 ribu rupiah, padahal 1 bungkus roti sudah cukup untuk memenuhi angka kalori saat sarapan. Dan ada juga roti yang harganya 60 ribu karena bentuk roti tersebut lebih besar dan banyak isian di dalam roti.

    1. Karak Kaliang

    Kerupuk ini adalah makanan legendaris yang sering dibawa saat wisatawan pulang dari Padang, kerupuk ini memiliki ciri khas yang berbentuk angka 8 dan rasa yang gurih.

    Jika anda menginginkan karak kaliang khas Padang, anda bisa langsung datang di pabrik pembuatan nya yang letaknya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

    1. Kerupuk Jangek

    Kerupuk jangek ini cocok di jadikan teman nasi, apalagi nasinya nasi Padang, wah itu sangat lezat bukan. Bentuk dari kerupuk ini beragam bentuk. Ada berbentuk lonjong, persegi, dan bulat.

    Kerupuk ini terbuat dari kulit hewan yang berkaki empat, bisa juga dari kulit sapi yang memerlukan proses yang sangat lama agar kerupuk tersebut benar-benar gurih. Kerupuk ini biasanya dijajakan di warung dan Rumah Makan.

    1. Karupuak Sanjai

    Kerupuk ini bahan dasarnya adalah singkong yang khas dari Bukit Tinggi. Keripik ini memiliki varian rasa, yaitu. Tidak menggunakan bumbu (tawar). Berwarna kuning dan rasanya asin, dan rasa balado.

    1. Galamai

    Galamai ini prose pembuatannya sama seperti pembuatan dodol, tetapi yang membedakannya adalah bahan-bahannya. Gelamai ini bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung beras, santan, gula aren, dan kacang tanah yang telah di sangrai.

    1. Mainan Kunci

    Tidak hanya makanan saja ada juga berbentuk souvenir yang bertulis I love Padang, dan ada juga rumah adat, jam gadang. Yang terbuat dari kayu dan plastik. Pernak-pernik ini di pasarkan dimana saja pastikan anda sangat tertarik untuk membelinya. Katanya mainan kunci tersebut adalah tanda bahwa anda sudah pulang berwisata ke Sumatera Barat dan membaginya ke teman-teman terdekat.

    1. Bareh Randang

    Bareh randang yaitu beras yang disangrai, makanan ini rasanya manis dan teksturnya kasar yang di sajikan berbentuk persegi yang berukuran 1 cm, bareh randang ini terkena akan kelezatannya, makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh dari Padang yang di pasarkan di Payakumbuh, Tanah Datar, Agam, dan Lima Puluh Kota.

    1. Saluang

    Saluang ini adalah suling yang khas dari Minangkabau, saluang ini caranya dengan ditiup dan terdapat 4 bagian uban. Yaitu tempat mengatur suara ketika saluang di tiup.

    Keunikan salung ini adalah berbagai teknik atau jurus yang dimainkan sehingga antar daerah bisa berbeda bunyi yang di dengar.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-Oleh Khas Payakumbuh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar