Makanan Khas Dari Painan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Painan merupakan kota yang menjadi ibukota kabupaten Pesisir Selatan. Di Painan banyak terdapat tempat wisata pantai dan wisata bahari yang indah salah satu yang terkenal yaitu pantai Cerocok pantai dengan keindahan alam yang sangat memukau. Tidak hanya memiliki keindahan alam Painan juga memiliki makan khas yang wajib kamu coba apabila kamu berkunjung kesana.

    Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa makan khas dari Painan Pesisir Selatan yang wajib kamu coba apabila pergi berlibur kesana.

    1. Pinukui Batang Kapas

    Batang Kapeh merupakan salah satu kabupaten yang adan di Pesisir Selatan disana banyak terdapat makan khas. Di daerah ini terdapat makan sejenis kue yang terkenal yaitu Pinukuik Batang Kapas. Pinukuik ini mirip dengan pancake. Perbedaannya terletak pada cara penyajian dan bahan bakunya. Rasa Pinukik ini sangat enak dengan harga yang murah meriah akan membuat kamu ketagihan untuk memakannya.

    Bahan utama makan ini yaitu kelapa yang dicampur dengan tepung beras, gula, vanili, dan tapai. Kue ini dimasak dengan menggunakan sabuk kelapa yang sudah menjadi bara api.

    Pinukuik ini banyak dijual oleh masyarakat setempat tepatnya di Jalan Raya Tepu Bandar Pasar Kuok. Sekitar 30 km dari Painan. Tidak hanya dimakan sebagai cemilan, makan ini akan lebih enak dimakan pada pagi hari dengan segelas kopi atau teh.

    1. Mangkuak Badeta

    Makan khan berikutnya yaitu Manguak Badeta yang bisa kamu dapatkan di tepi Jalan Simpang Tigo Tabek, Nagari Ampek Joto Hilia, KecamatanBatang Kapas. Sekitas 30 km dari Painan.

    Mangkuak ini terbuat dari tepung beras dan gula aren yang dicampurkan dengan gula pasir, santan, dan bahan-bahan lainnya. Selanjutnya ditambahkan deta yang dibuat dari percikan santan yang diparut.

    Makan ini dimasak dengan cara dikukus dengan cetakan yang dibuat dari tempurung kelapa. Makan ini sangat enak dengan harga terjangkau.

    1. Putu Kambang

    Kue ini berasal dari Kambang Kacamatan Legayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Putu Kambang memiliki tekstur dan cara penyajian yang berbeda dengan kue pada umumnya. Bahan dasar makan ini adalah ketan hitam yang dicampur dengan parutan kelapa yang ditambahkan gula aren dan daun pandan di dalam adonannya tepatnya ditengah-tengah makan ini.

    Adonan ini kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dengan ukuran yang bervariasi kemudian dikukus. Sekilas makan ini mirip dengan pepes atau palai, di ujungnya diikat dengan tali di ujung-ujungnya. Makan ini memiliki kalori yang tinggi sehingga cocok sebagai pelengkap bersantai dengan kopi atau teh hangat.

    1. Palai Bada

    Makan ini merupakan menu lauk yang wajib kamu coba, palai ini mirip dengan pepes ikan, bahan dasar makan ini adalah ikan teri yang dicampurkan dengan parutan kelapa  dan bumbu rempah-rempah. Selanjutnya dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar di atas arang hingga daun berubah warna menjadi gelap. Palai ini memiliki dua varian rasa yaitu palai warna merah yang memiliki rasa pedas dan berwarna kuning yang memiliki rasa gurih. Makan ini enak disajikan ketika masih panas, dengan aroma daun pisang dan rempah-rempah yang membuat kamu tidak tahan untuk memakannya.

    Itulah beberapa makan khas Painan yang wajib kamu coba jika kamu berkunjung ke Painan. Semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan referensi untuk mencari makan khas Painan jika kamu berkunjung kesana.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Dari Painan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar