Nama-Nama Kue Khas Aceh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di Kabupaten Aceh Jaya / Calang terdapat banyak jenis macam nama – nama kue khas yang beraneka macam rasa nikmat.

    Saya sudah mengumpulkan beberapa macam jenis kue yang ada di Aceh yaitu sebagai berikut:

    1. Srikaya Labu Kuning

    Kue Srikaya Labu Kuning ini sangat lah unik. Bentuk kue ini sangat lah sederhana dan cara membuat nya pun tidak lah susah, kita hanya mengkukus selama 15 sampai 16 menit lalu kita balikan dan keringkan dalam buah lalu diisi dengan adonan. Labu ini memiliki rasa srikaya yang begitu manis dan enak untuk di coba.

    1. Oncong – Oncong

    Kue yang kedua yang bernama oncong- oncong, bentuk nya seperti segitiga yang berlapis balutan daun pisang. oncong- oncong ini memiliki rasa yang khas karena saat kita memakan nya kita bisa merasakan suasana desa. Cara membuat oncong-oncong ini pun tidak lah begitu susah, kita hanya mencampurkan beberapa bahan dengan rata. Jika kalian pergi ke sini jangan lupa untuk mencoba Kue – Kue Khas yang ada di Aceh ya.

    1. Kue Koci

    Kue yang ketiga adalah Kue Koci, kue ini mirip dengan lepat bugis hanya ada perbedaan sedikit yaitu Kue Koci ini menggunakan kacang hijau kalo Lepat Bugis ini menggunakan kelapa yang di campuri dengan gula merah. Cara membuat Kue Koci ini susah – susah gampang. Rasa Kue Koci ini hampir sama dengan Lepat ya, makanan khas Aceh ini membuat para penikmatnya jadi ingin makan lagi.

    1. Kue Bhoi

    Kue Bhoi adalah kue yang sangat populer dikalangan warga aceh karena ini merupakan makanan yang sering di sajikan saat lebaran tiba. Yang membuat kue ini menjadi khas adalah bentuk dari kue tersebut, mereka membuat kue ini dengan beragam bentuk seperti Bunga, ikan , bintang dll. Untuk membuat kue ini memerlukan ketelitian karena tidak semua orang yang bisa membuat kue ini. Kue ini banyak di jual orang di pinggir jalan wilayah Aceh dan harga nya pun murah.

    1. Kue Timphan

    Kue Timphan adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang ditambahi beberapa tirisan pisang yang di bungkus memakai daun pisang. Kue ini memiliki banyak varian rasa, kue timphan ini bisa tahan selama 5 hari lamanya. Kue ini ada di kota Banda aceh, wajib coba kue ini jika berpariwisata ke Aceh.

    1. Kue Kembang Loyang

    Kue Kembang Loyang ini memiliki bentuk yang menarik, yang menyerupai seperti bunga kembang, ini semacam cemilan yang memiliki tekstur renyah yang banyak di hidangkan pada hari – hari besar seperti hari lebaran. Warga Aceh menjadikan ini sebagai oleh – oleh kue khas daerah Aceh, rasa nya bisa gurih dan bisa juga berasa manis (sesuai selera).

    1. Kue Keukarah

    Kue Keukarah ini adalah cemilan yang cocok di santap saat ngumpul dengan teman atau saat acara keluarga, apalagi di iringi dengan secangkir kopi panas di sore atau di malam hari. Kue ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu berbentuk seperti bulan sabit dan sarang burung, kue ini sendiri terbuat dari tepung beras yang di tambahkan dengan gula pasir yang sudah larut. Kue ini banyak terjual di toko – toko di daerah Banda Aceh dengan harga yang bisa di jangkau.

    1. Bakpia Aceh

    Kue Bakpia Aceh ini adalah jajanan yang berasal dari Yogyakarta. Tetapi di Aceh sendiri Bakpia ini tidak kalah enak dengan Bakpia di daerah Yogyakarta. Kue Bakpia Aceh ini sudah memiliki pabrik pembuatan sendiri yang di mana pabrik ini berada di Pantai Kasih, Sabang, jika kau ingin membeli makanan ini kamu tidak perlu pergi langsung ke pabriknya karena sudah banyak tersebar di toko – toko daerah kelontong.(Gilang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Nama-Nama Kue Khas Aceh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar