Makanan Khas Takengon Aceh Tengah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Aceh Tengah merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Aceh. Aceh Tengah merupakan kabupaten yang memiliki luas wilayah sekitar 4.318,39 kilometer2 dengan total penduduk sekitar 208.410 jiwa. Ketika anda mengunjungi kabupaten Aceh Tengah, anda wajib untuk mencoba makanan khas yang berada di Takengon Aceh Tengah.

    Di sini saya akan memberikan macam-macam makanan khas yang terdapat di Takengon Aceh Tengah.

    1. Lepat

    Lepat adalah salah satu makanan khas yang dapat di temukan di Takengon kabupaten Aceh Tengah. Lepat merupakan makanan yang terbuat dari ketan. Lepat yang berada di Takengon ini juga sama dengan lepat yang berada di daerah lain tetapi yang membedakannya adalah lepat Takengon memiliki ukuran yang lebih besar. Lepat di buat untuk menyambut bulan suci ramadhan, hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Lepat banyak anda dapatkan di sekitar warung oleh-oleh yang berada di Takengon kabupaten Aceh Tengah. Anda wajib mencoba dan membeli lepat ini untuk di jadikan sebagai oleh-oleh saat mengunjungi Takengon kabupaten Aceh Tengah.

    2. Brahrum

    Brahrum merupakan sebutan bagi masyarakat aceh, tetapi makanan ini di kenal oleh masyarakat jawa dengan sebutan onde-onde. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk menjadi bulat dan diisi dengan gula aren atau gula merah. Setelah itu makanan ini di taburi dengan kelapa. Brahrum merupakan makanan yang dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh ketika mengunjungi Takengon kabupaten Aceh Tengah.

    3. Apam

    Apam merupakan makanan yang banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia. Di Takengon Aceh Tengah apam di sebut dengan sebutan Serabi. Makanan ini biasanya di makan menggunakan santan kemudian di campur dengan gula biar memiliki rasa yang manis. Anda wajib mencoba serabi ini dan membelinya untuk di jadikan sebagai oleh-oleh saat anda mengunjungi Takengon kabupaten Aceh Tengah.

    4. Masam Jeing

    Masam Jeing merupakan makanan khas yang terbuat dari ikan. Ikan yang biasanya di gunakan untuk makanan Masam Jeing ini Antara lain ada Ikan Mujair atau Ikan Nila, Ikan Bawal, maupun Ikan Bandang. Masam Jeing merupakan makanan yang wajib anda coba karena makanan ini memiliki rasa yang khas karena masam jeing ini telah di campur dengan sayuran, cabe merah, bawang merah, kunyit dan garam.

    5. Gutel

    Gutel merupakan makanan khas yang terdapat di Takengon kabupaten Aceh Tengah. Gutel terbuat dari tepung beras yang di campur dengan garam dan kelapa parut. Gutel memiliki tekstur yang padat dan kaku. Gutel merupakan makanan yang biasaya di konsumsi pada saat pagi haru atau sore hari. Anda wajib mencoba Gutel saat mengunjungi Takengon Kabupaten Aceh Tengah.

    6. Cecah Reraya

    Cecah Reraya merupakan makanan khas yang dapat anda temukan di rumah makan yang berada di Takengon kabupaten Aceh Tengah. Cecah Reraya merupakan makanan yang biasanya di buat pada saat menjelang Bulan Ramadhan. Cecah Reraya merupakan makanan yang telah di campur dengan bumbu yang sama dengan Cecah Ries tetapi yang membedakannya adalah di Cecah Reraya tidak menggunakan Ayam dan Batang Pisang maupun Burung yang di panggang. Anda wajib mencoba dan menikmati cita rasa yang di berikan oleh makanan ini saat mengunjungi Takengon Kabupaten Aceh Tengah.

    Itulah macam-macam makanan khas yang terdapat di Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang wajib di coba saat anda dan keluarga mengunjungi tempat ini.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Takengon Aceh Tengah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar