Pantai-Pantai Keren di Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Riau merupakan sebuah Provinsi yang terdapat di bagian Timur Pulau Sumatera. Kata ‘Riau’ sendiri memiliki banyak referensi dan pendapat mengenainya, setidaknya ada 3 Versi pendapat mengenai penamaan nama Riau.

    Versi pertama, Kata Riau mengacu pada bahasa Portugis, yaitu rio yang berarti Sungai, karena Portugis pernah melakukan Ekspedisi Militer menelusuri Sungai Siak. Versi Kedua, kata Riau berasal dari riahi yang artinya Air Laut. Dan Versi terakhir, kata Riau berasal dari kata rioh atau riuh yang artinya keramaian, kata ini mengacu pada keramaian dan hiruk pikuk orang bekerja, karena dulunya Riau merupakan daerah Pusat Perdagangan.

    Provinsi Riau termasuk dalam Provinsi terkaya di Indonesia, karena Riau memiliki Sumber Daya alam berupa Minyak Bumi, Gas Alam, Karet, Perkebunan Serat, dan Kelapa Sawit. Selain itu, Provinsi yang pernah dilanda Kabut Asap yang satu ini juga memiliki serangkaian Pantai yang tak kalah kerennya dengan Pantai di Provinsi lainnya, dan tentunya sangat menyenangkan untuk dinikmati bersama Keluarga, Penasaran? Yuk Langsung saja.

    1. Pantai Lapin

    Pantai yang termasuk baru dalam dunia Wisata ini sangat amat memikat hati para Wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini. Pasir putih yang lembut disertai Ombak yang tidak begitu deras namun menantang dan dikelilingi oleh pepohonan Kelapa nan Hijau membuat Kamu betah untuk mengunjungi Pantai yang satu ini. Pantai ini tergolong sepi pada hari-hari biasa, namun pada saat hari libur pantai menjadi Ramai, tak hanya warga lokal, warga luar daerah pun juga datang untuk menikmati pantai yang masih belum tersentuh yang satu ini.

    Tak hanya itu, di Pantai ini Kamu juga dapat menikmati Sunset yang pasti nya Pemandangan tak akan mengecewakan Kamu. Pantai Lapin ini berlokasi Pulau Rupat, lebij tepat nya di daerah Bengkalis.

    2. Pantai Selat Baru

    Bengkalis memang terkenal akan kekayaan Alamnya seperti Minyak Bumi, dan tak hanya itu, Bengkalis juga memiliki serangkaian Pantai-pantai yang Keren dan mempesona. Lebih tepatnya di Pulau Rupat. Selain Pantai Lapin, di Pulau Rupat juga terdapat beberapa Pantai Keren lainnya seperti Pantai Selat Baru.

    Pantai Rupat memiliki Panjang sekitar 2 Mil dan jarak daratan hingga ke Bibir pantai kurang lebih 210 meter. Suasana Ombak dipantai ini pun tak terlalu deras, sehingga cocok untuk berendam bersama Keluarga. Menariknya, di saat air Pantai ini surut, Kamu dapat melihat Gunung Ledang yaitu Gunung yang terdapat di Negeri Tetangga, Malaysia. Mengingat Lokasi Riau dengan Malaysia tidaklah jauh.

    Di Pantai juga diadakan event-event menarik di setiap tahunnya. Seperti Lomba Perahu Jong, Lomba Layang-layang, dan Lomba Gasing. Disekitar Pantai ini pun terdapat berbagai fasilitas seperti Mushola, Kamar Mandi, Warung, dan lainnya. Penduduk di sekitar Pantai ini pun Ramah dan di dominasi oleh orang Melayu. Pantai ini berlokasi di Desa Selat Baru, Kec. Bantan, Kab. Bengkalis, Riau.

    3. Pantai Rupat Utara

    Masih di Bengkalis. Pantai Rupat Utara merupakan Objek Wisata Pantai yang paling Mempesona di Riau. Pantai ini memiliki Pasir putih yang begitu berkilau disertai dengan Air nya yang sangat biru dan bersih membuat siapa saja yang datang ke Pantai ini akan jatuh cinta. Menariknya lagi, Dari Pantai ini Anda secara langsung dapat melihat Pegunungan Port Dickson, Malaysia, di arah Timur. Ini menjadi View tersendiri di kala di Pantai Rupat Utara.

    Pantai ini masih belum banyak terjamah pengunjung hingga sampai sekarang keindahan dan keasrian Pantai ini dapat dinikmati. Bisa dibilang Pantai ini mirip dengan Pantai Sanur di Bali. Melihat Pasir Putih yang membentang begitu luasnya membuat setiap Pengunjung terharu datang ke Pantai ini. Di Pantai ini juga terdapat Wisata Budaya, yaitu Tari Zapin Api, dimana Penarinya menari di atas  Bara Api.

    Jika Anda memutuskan untuk ke Pantai Rupat Utara, jangan lupa mengunjung Pulau Beting Aceh. Pulau Beting Aceh merupakan pulau kecil yang berlokasi di seberang Pulau Rupat bagian Barat. Uniknya di Pulau Beting Aceh, Pasir di Pulau ini akan terdengar sedikit berbisik ketika disentuh. Dan menariknya lagi, disaat Surut, Kamu akan melihat Pasir putih yang berkilauan yang sangat luas bahkan lebih luas dari Lapangan Bola. Keren Kan?(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantai-Pantai Keren di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar