Makanan khas di Bengkayang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bengkayang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan barat. Bengkayang memiliki luas wilayah sekitar 5.396,30 kilometer2. Selain itu kabupaten Bengkayang memiliki jumlah penduduk sekitar 295.411 jiwa. Di kabupaten bengkayang juga memiliki destinasi wisata yang membuat wisatawan tertarik dan mengunjunginya pada saat liburan.

    Destinasi wisata yang terdapat di kabupaten bengkayang Antara lain ada Pulau Randayang. Pulau Randayang merupakan objek wisaya yang terletak di desa Lemukutan. Jika anda ingin lebih lama di pulau ini jangan khawatir karena pihak pengelola pulau ini telah menyediakan villa yang di jadikan sebagai tempat untuk wisatawan beristirahat maupun sebagai tempat untuk menginap di pulau randayan dengan jangka waktu yang lebih lama.

    Kabupaten Bengkayang juga terdapat Air terjun Riam Merasap sebagai tempat wisata yang ramai di kunjungi wisatawan. Air terjun riam merasap ini juga merupakan objek wisata yang terdapat di kabupaten Bengkayang. Air terjun riam merasap berada dekat dengan negara Malaysia. Oleh Karen itu banyak wisatawan yang berasal dari Malaysia mengunjungi air terjun riam merasap ini.

    Jika anda telah mengunjungi tempat wisata yang terdapat di kabupaten Bengkayang ini jangan sampai melewatkan makanan khas yang terdapat di daerah ini. Di sini saya akan membahas macam-macam makanan khas yang terdapat di kabupaten Bengkayang.

    1. Lempuk Durian

    Lempuk Durian bukan hanya terdapat di provinsi riau tetapi di kabupaten Lempuk Durian merupakan suatu cemilan yang terkenal dan populer yang terletak di kabupaten Bengkayang. Lempuk durian merupakan dodol yang berasal dari bahan dasar buah durian yang lezat. Durian banyak di jumpai di kabupaten Bengkayang karena di kabupaten Bengkayang ini memiliki iklim tropis. Selain durian di kabupaten bengkayang ini juga memiliki banyak buah-buahan. Kabupaten Bengkayang merupakan tempat penghasil durian yang terbaik di Indonesia.

    2. Tempoyak

    Tempoyak adalah makanan khas yang dapat anda temukan di kabupaten Bengkayang. Tempoyak merupakan makanan yang berbahan dasar durian yang sudah di fermentasi. Tempoyak biasanya di makan dengan nasi. Selain bisa di konsumsi dengan nasi, tempoyak bisa di konsumsi secara langsung. Tempoyak juga di jadikan sebagai bumbu masakan karena tempoyak memiliki rasa yang asam. Tempoyak merupakan makanan yang terkenal dan populer di provinsi Kalimantan. Tempoyak juga enak jika di tumis dan di campur dengan cabe rawit kemudian di campur dengan ikan asin.

    3. Kue Kantong Semar

    Kue kantong semar merupakan makanan yang dapat anda temukan di kabupaten Bengkayang. Kue kantong semar ini menggunakan kantong semar sebagai wadah atau tempat untuk membungkus ketan. Kue kantong semar ini merupakan kue tradisional yang di sajikan dalam acara adat. Selain itu kue kantong semar ini merupakan makanan yang di jadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa.

    4. Lemang

    Lemang adalah makanan khas yang terdapat di kabupaten Bengkayang yang berasal dari beras ketan yang di gulung dengan menggunakan daun pisang. Di dalam gulungan bumbu yang berisi tepung beras kemudian di campurkan dengan santan kemudian di masukan dalam bambu dan di bakar sampai matang. Lemang biasanya di konsumsi dengan selai sebagai campuran. Lemang merupakan makanan yang juga di sajikan saat perayaan suku dayak.

    Itulah macam-macam makanan khas yang terdapat di kabupaten Bengkayang yang wajib untuk di coba dan di konsumsi saat mengunjungi kabupaten Bengkayang ini.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan khas di Bengkayang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar