Ciri-ciri Kanker Payudara yang Penting Diketahui 

Daftar Isi

     

    LancangKuning.com - Setelah diteliti bahwa penyakit kanker payudara  sudah banyak dialami oleh manusia, terutama pada wanita. Pengidap  kanker payudara stadium nol biasanya tidak menunjukkan ciri – ciri apa pun.  Akan tetapi kamu sudah bisa mengenali ciri – ciri kanker stadium satu (awal).  Biasanya ciri – ciri kanker payudara yaitu munculnya benjolan di bagian putingnya atau payudara.

    Ciri – ciri benjolan pada payudara umumnya akan Nampak seperti memiliki tekstur yang sangat keras dan permukaannya kurang merata.  Benjolan ini akan menetap hampir 10 hari setelah menstruasi. Jika benjolan tersebut tidak jauh dari puting susu , maka akan terlihat agak tertarik ke dalamnya dan sangat sulit sekali untuk di gerakkan.  

    Selain benjolan, ciri – ciri atau tanda – tanda payudara stadium awal yang harus kamu ketahui  yaitu:

    1. Berubahnya bentuk ukuran payudara
    2. Perubahan bentuk pada bagian puting nya
    3. Terasa sakit pada bagian susu yang tak juga kunjung hilang, bahkan juga ketika kamu sudah masuk menstruasi berikutnya. Akan tetapi ada juga yang tidak merasakan sakit atau nyeri pada payudara.
    4. Puting susu mengeluarkan cairan yang berwarna agak bening, cokelat atau pun kuning
    5. Putingnya tiba – tiba bengkak dan timbul kemerah merahan
    6. Ada kebengkakan pada bagian ketiak karena disebabkan pembesaran getah bening
    7. Pembuluh vena terlihat di sekitar payudara, di sebabkan urat–urat pada bagian payudara terlihat sangat jelas
    8. Pada stadium lanjut terlihat adanya kelainan di bagian kulit Payudara.

    Apabila kamu mengalami seperti yang saya  jelaskan diatas, sebaiknya kamu segera ke dokter untuk periksakan diri.

    Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang  baik untuk kondisi kamu. Selain itu juga , ada berbagai macam penyebab kanker payudara. Sampai saat ini peneliti masih juga belum mengetahui penyebab terjadinya kanker payudara.

    Penyakit kanker payudara ini tidak sama seperti kanker lainnya, kanker payudara ini adalah suatu kondisi sel tertentu bertumbuh tidak normal dan tidak bisa dikontrol. Maka lama kelamaan, ia akan menyerang pada bagian jaringan payudara dan pada akhirnya akan menyebar ke seluruh tubuh.

    Selanjutnya, para peneliti telah berhasil mencari beberapa gen yang jika dimutasi, akan berpotensi pada perkembangan kanker payudara. Gen Mutasi ini merupakan gen kanker 1 ( BRCA1 ) dan gen kanker 2 ( BRCA2).

    Kedua gen ini ditemui pada lebih kurang hamper 10 persen populasi pasien dengan kanker payudara. Selain itu, dengan adanya gen mutasi ini tadi, para ahli masih juga belum mengetahui penyebab interaksi biokimia yang dibutuhkan di dalam perkembangan kanker payudara.

    Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kanker payudara, antara lain :

    1. Jenis kelamin

    Setelah diteliti bahwa yang sering terkena kanker payudara adalah wanita. Dikarenakan adanya pengaruh pada hormon seks wanita, khususnya estrogen dan Progestron. Di beberapa penyebab kanker payudara, kedua hormon ini bertindak sebagai pemicu pertumbuhan dan terjadinya pembelahan pada sel.

    Resiko kanker ini akanmeningkatkan sel – sel payudara yang sering terkena paparan hormon pada menstruasi. Selain itu juga, seorang wanitayang mengalami menstruasi pada umur 12 tahun, dan memiliki payudara besar beresiko tinggi terhadap penyakit kanker.

    1. Usia

    Biasanya penyebab terjadinya kanker payudara pada wanita berusia 55 tahun atau pun lebih. Setelah diteliti hanya sebagian yang mempunyai penyakit kanker berusia kurang dari 45 tahun.

    1. Faktor Keluarga

    Selain itu juga, penyakit kanker biasanya disebabkan faktor keturunan dari keluarga yang pernah mengidap penyakit kanker payudara.

    1. Faktor Gaya Hidup

    Faktor gaya hidup juga sangatberpengaruh terhadap penyakit kanker payudara antara lain yaitu :

    • Mengkonsumsi pil KB
    • Mengandung alkohol secara berlebihan
    • Tidak mempunyai anak
    • Kelebihan berat badan
    • Mempunyai anak setelah usia 35 tahun(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri-ciri Kanker Payudara yang Penting Diketahui 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar