Makanan Khas di Mamuju

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mamuju merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Barat, dan beribukota Mamuju. Kabupaten Mamuju sangat banyak menyimpan panorama yang indah dan menakjubkan baik itu tempat wisatanya yang sudah ramai dikunjungi maupun masih terkenal dengan alamnya yang asri.

    Selain memiliki tempat wisata yang indah di kabupaten Mamuju juga mempunyai makanan yang khas dan mempunyai cita rasa yang sangat tinggi. Makanan khas mamuju sangat populer di kabupaten Mamuju itu sendiri bahkan banyak dari pengunjung suka dengan makanan khas yang ada di kabupaten Mamuju

    Berikut makanan khas yang ada di kabupaten Mamuju serta rasa dari makanan tersebut sangat enak dan menjunjung cita rasa yang tinggi,

    1. Bau Piapi

    Bau piapi merupakan makanan yang berkuah di tambah dengan hidangan seafood di dalamnya, makanan ini sangat terkenal di Mamuju. Makanan yang khas dari Mamuju ini sangat enak dan jika anda pecinta makanan yang berkuah anda bisa mencicipi makanan Bau piapi ini. Bau piapi memiliki kuah yang sangat kuning dan kaya akan rempah-rempah di dalamnya, serta di dalamya terdiri dari bahan makanan seafood seperti daging ikan segar maupun di tambah dengan udang. Makanan yang khas di Mamuju ini sangat cocok di tambah dengan semangkuk nasi, sehingga mendapatkan rasa yang sangat enak dan gurih ketika di makan secara bersamaan.

    1. Sambusa

    Makanan khas di Mamuju ini berbentuk persis seperti segita , sambusa sendiri dibuat dengan bahan-bahan terpilih. Bahan dari pembuatan sambusa seperti olahan daging ikan segar dipilih secara teliti, lalu daging ikan tersebut digiling dan di tambah bahan-bahan yang khas berasal dari Mamuju. Makana sambusa di identik dengan makanan gorengan pada umumnya, tapi rasa dari sambusa tidak perlu di ragukan lagi. Ketika anda mencoba makanan yang khas dari Mamuju satu ini di jamin anda akan dibuat nya ketagihan, sambusa sangat cocok juga bila di makan ketika di perjamanan ataupun pada waktu santai anda. Sambusa sangat popular di Mamuju dengan akan rasa nya yang enak sehingga mampu menarik banyak perhatian dari luar Mamuju ingin mencicipi makanan yang satu ini.

    1. Kue Cucur

    Kue cucur merupakan jenis kue yang khas di Mamuju, kue cucur terbuat dari gula merah, tepung beras, minyak kelapa dan cara pembuatan kue yang khas dari Mamuju lumayan mudah dengan cara tepung beras dan gula merah di aduk secara bersamaan, lalu panaskan minyak kelapa, setelah minyak kelapa panas jangan lupa adonan kue cucur tadi di buat dengan bentuk lingkaran, lalu  masukkan ke penggorengan, setelah adonan kue cucur tersebut agak berwarna kecoklatan lalu baru diangkat dan siap di hidangkan, ketika anda ke Mamuju anda akan sering menemukan kue cucur di sepanjang jalan di daerah Mamuju.

    1. Roti Pawa

    Roti pawa jika kita lihat tampilan roti ini hampir mirip seperti bakpao yang bulat dan warnanya putih, dan cara memasak roti pawa juga hampir sama dengan bakpao yaitu dengan cara di kukus. Tapi roti pawa dibuat dari bahan tepung terigu dan juga dicampur dengan tepung beras itulah cara membedakan roti pawa dengan bakpao. Roti pawa sangat terkenal di Mamuju karena rasanya yang khas dan enak membuat orang yang menikmati roti pawa ketagihan, roti pawa sangat sering kita temui di pusat kota Mamuju maupun di wilayah daerah sekitar Mamuju. Roti pawa memiliki rasa yang unik dan sensasi yang berbeda pada roti pada umumnya, di bagian dalam roti pawa terdapat gula merah dan gula parsir serta dicampur dengan olahan kacang, sehingga roti pawa ini sangat unik akan rasanya yang manis dan enak ketika disantap.

    Makanan-makanan khas dari Mamuju sangat enak dan tak mau kalah dengan makanan yang khas dari berbagai daerah lainnya, itulah beberapa makanan yang khas di Mamuju  dan wajib untuk anda coba ketika berada di daerah Mamuju.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas di Mamuju
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar