Makanan Khas Sendawar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sendawar merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Kota sendawar biasa di singkat SDW ini berdiri pada tanggal 08 november 2001. Pada dahulunya kota Sendawar atau biasa disebut SDW  dulunya merupakan pemekaran dari kabupaten di Kutai Barat.

    Kota Sendawar memiliki luas daerah 20.591 Ha dan memiliki banyak kelurahan, kecamatan dan perkampungan yang cukup banyak. Karena banyaknya perkampungan dan kecamatan di kota Sendawar ini menjadikan wilayah di daerah kota Sendawar ini tempat yang banyak di kunjungi oleh pengunjung. Pengunjung juga akan merasa betah dan akan merasa nyaman ketika berada di perkampungan dan wilayah kecamatan di Sendawar. Di kota Sendawar ini juga memilki banyak tempat wisata yang tersembunyi dan keberadaannya pun sangatlah asri dan indah, karena tempat-tempat yang ada di kota ini sangat bersih dan sangat mempesona.

    Selain di Kota sendawar memiliki tempat yang indah dan menakjubkan , di kota Sendawar sendiri juga memiliki makanan khas tersendiri di kota Sendawar ini. Makanan khas di daerah kota Sendawar sangat lah unik dan memiliki cita rasa yang tinggi serta memiliki rasa yang khas dari kota Sendawar itu sendiri. Makanan di kota Sendawar sangat lah minim akan pengunjung yang ingin memakan atau mencicipinya, karena pemerintah di kota Sendawar belum mempromosikan makanan khas dari daerah nya tersebut.

    Padahal makanan khas di Sendawar sangatlah unik dan sangat enak ketika di makan bersama keluarga maupun teman-teman. Jika anda pergi ke Sendawar anda harus mencicipi makanan yang khas di kota Sendawar tersebut dijamin anda akan dibuatnya ketagihan dan ingin nambah makanan yang khas dari Sendawar ini.

    Berikut beberapa makanan yang khas dari kota Sendawar yang rasanya tak kalah enak dengan makanan khas yang ada di Indonesia lainnya.

    1. Sup Jagaq

    Sup Jagaq merupakan sup yang paling populer di kota Sendawar. Sup Jagaq ini sering dibuat untuk di makan pada waktu bersamaan dengan nasi oleh masyarakat Sendawar. Sup Jagaq ini akan sering kita temui di jejeran pusat kota Sendawar, karena sup Jagaq  sangat populer dan sangat banyak di buat oleh masyarakat disana. Penampilan sup Jagaq sama persis seperti sup-sup yang biasa kita temui di daerah kita, tapi sup Jagaq ini memiliki kuah yang sangat kuning dan pekat. Sup Jagaq juga terbuat dari bahan-bahan sup pada umumnya seperti sayuran, daging dan rempah lainnya, tapi sup Jagaq ini memiliki perbedaan rasa yang unik. Rasa sup Jagaq ini  sangat melekat dan mengental karena kuah dari sup tersebut dibuat sangat pekat dan kental agar rasa dari sup Jagaq ini berbeda dari sup-sup yang lainnya. Sup Jagaq sangat wajib untuk anda coba ketika berada di daerah kota Sendawar rasanya sangat enak dan unik dijamin anda akan dibuatnya ketagihan.

    1. Bubur Jagaq

    Bubur jagaq merupakan bubur yang terbuat dari bahan biji-bijian jagaq, dimana penampilan jagaq sendiri hampir mirip seperti gandum. Bubur jagaq biasa dibuat melalui proses ditumbuk dan dijemur. Pada awalnya biji jagaq di jemur di atas terik matahari yang panas dan dijemur sampai biji jagaq tersebut kering. Biasanya biji Jagaq tersebut kering sekitar 1-2 hari, setelah di jemur biji Jagaq di tumbuk hingga halus dan seperti biji biji yang berukuran sangat kecil, setelah itu biji jagaq direbus dan ditambah gula merah dan santan serta garam secukupnya, dan bubur jagaq siap di sajikan

    1. Nasi Tisit

    Nasi tisit yang khas dari Sendawar ini memiliki keunikan yang sangat menarik. Pada umumnya nasi tisit ini di bungkus dengan daun kulit dan dibuat seperti lonjong. Di dalam nasi tisit tersebut ada daun singkong yang siap di masak dengan bersamaan nasi tisit. Nasi tisit ini sangat enak dan sangat sering di makan oleh masyarakat Sendawar secara bersamaan dengan lauk pauk dan sayur-sayuran.

    Itulah beberapa makanan yang khas dari Sendawar, makanan tersebut sangat lah enak dan memiliki ciri daya tarik yang tinggi untuk di cicipi, makanan tersebut sangat saying sekali jika tidak kita cicipi ketika berada di Sendawar.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Sendawar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar