Smart UBH, Portal Akademik Bung Hatta

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Bung Hatta merupakan salah satu Universitas swasta yang paling besar di Sumatera Barat. Bung Hatta ini didirikan pada tanggal 20 April 1981. Universitas Bung Hatta ini dipimpin di bawah naungan yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara.

    Pada tahun 1996 yayasan itu berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Bung Hatta. Kampus utama nya terletak Di Jalan Sumatera Barat ( Sumbar ) di kota Padang. Bung Hatta ini mempunyai motto yang sangat bagus yaitu Bermutu dan Terkemuka.  Jenis akademik Bung Hatta ini adalah Perguruan Tinggi Swasta dan memiliki julukan UBH ( Universitas Bung Hatta).

    Sejak diresmikan pada tanggal 20 April oleh Dikjen Depdikbud, UBH ini memiliki enam Fakultas yaitu :

    • Fakultas Ekonomi
    • Fakultas Hukum
    • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Fakultas Sastra
    • Fakultas  Teknik
    • Fakultas Perikanan

    Pada tahun 1996, Fakultas Teknik  dikembangkan menjadi dua ( 2) yaitu , Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Fakultas Industri. Saat ini Universitas Bung Hatta mempunyai 7 Fakultas terdiri dari 25 Program Studi yang sudah terakreditasi dan terus menerus mengalami perkembangan yang sangat baik, baik itu sarana maupun prasarana. Pada tahun 2017 diperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dengan Akreditasi B.

    Tahun Akademik 2003 /2004, UBH ini telah membuka Pasca Sarjana Pengelolaan Sumber Daya Perairan dan kelautan. Di tahun 2004/2005 Fakultas Perikanan menggantikan namanya menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Bung Hatta ini dipimpin 9 orang rektor.  

    1. Portal Akademik

    Untuk menunjang suatu proses administrasi Akademik di Universitas Bung Hatta, disana tersedia beberapa sistem informasi yang bisa di akses oleh mahasiswa/i, dosen dan tenaga kerja di universitas Bung Hatta, seperti Portal Universitas Bung Hatta mengolah kegiatan seperti kegiatan akademik secara online, sistem informasi alumni, sistem informasi KKN  dan Jurnal yang semuanya di olah oleh masing – masing unit yang terkait. Aplikasi ini bisa di akses melalui http://portal.bunghatta.ac.id

    1. Perpustakaan

    Untuk membantu bagi pengguna dalam hal penelusuran informasi seperti katalog secara online, registrasi anggota, pinjaman dan kembalian buku, perpanjangan masa pinjam , dan pengeluaran surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka. Aplikasi di akses melalui http://lib.bunghatta.ac.id

    1. Pusat pendidikan  dan Pengembangan Bahasa Asing ( PPBA )

     Kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Asing, terutama berbahasa Inggris, menjadi suatu kebutuhan yang tidak  asing lagi sekarang ini. Apalagi di dalam konteks kehidupan akademik untuk menunjukkan Universitas yang sangat unggul, sangat tepat jika Universitas Bung Hatta memiliki suatu unit dan dikelola untuk melatih bahasa asing dalam komunikasi dan dapat menyampaikan suatu gagasan / pendapat di dalam bahasa internasional tersebut.

    1. Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ( SPMB )

    Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru terdapat dua jalur yaitu, Jalur Undangan dan Jalur Reguler serta Jalur Beasiswa Bidikmisi dari Pemerintah. Jalur Seleksi ini berpengaruh  terhadap prestasi baik prestasi akademik mau pun non akademik. Bisa diakses melalui http://spmb.bunghatta.ac.id

    1. Helpdesk

    Melayani Civitas Bung Hatta secara lebih baik, pastikan menyediakan suatu media untuk menyampaikan keluhan dan melakukan permohonan bantuan mengenai sistem informasi dan portal akademik bung hatta. http://help.ac.id

    1. Live Chat

    Ini merupakan sebuah layanan komunikasi yang diperuntukkan oleh pengguna yang membutuhkan informasi secara langsung secara online.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Smart UBH, Portal Akademik Bung Hatta
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar