Tips Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Organ ginjal berperan penting di tubuh manusia yaitu menyaring zat-zat racun di dalam tubuh, itulah alasannya mengapa anda perlu sekali menjaga organ-organ yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya bergantungan dengan vitamin, penyakit ginjal di tahap awal tidak memiliki tanda-tanda gejala apapun sama sekali sehingga anda tidak mengetahuinya, penderita penyakit ginjal tidak merasakan apapun di dalam tubuhnya sehingga penyakit tersebut sudah memasuki pada tahap lanjut. masih ada cara lain untuk menjaga kesehatan di tubuh anda. Apa saja?

    Cara menjaga ginjal agar tetap sehat

    1. Membutuhkan cairan

    Beberapa manusia sering mengabaikan minum air putih, karena air putih itu berperan penting terhadap ginjal di tubuh manusia, dan membantu membersihkan racun tertampung di ginjal. Dalam arti kata minum air putih tidak boleh terlalu banyak cukup dengan 8 gelas setiap hari itu sudah membantu kesehatan pada ginjal.

    1. Menjaga pola makan sehat

    Sebagian besar ginjal itu berawal dari namanya tekanan darah tinggi dan diabetes. Maka dari itu, anda harus memastikan tekanan darah dan kadar gula di tubuh anda.

    Caranya, menjaga pola makan hidup sehat yaitu 4 sehat 5 sempurna, seperti saur, buah, biji-bijian, dan menjaga asupan garam dan gula agar dijauhi penyakit diabetes dan hipertensi.

    1. Berolahraga dengan rutin

    Berolahraga membuat tubuh tetap bugar, rutin berolahraga juga dapa membantu kesehatan pada ginjal, tidak hanya itu anda tidak perlu olahraga terlalu berat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

    Caranya, cukup dengan jogging, bersepeda, berenang dan yoga. Hanya dengan 20 menit setiap hari. Itu sudah membantu berat badan menjadi ideal dan mengendalikan tekanan darah anda.

    1. Tidak boleh sembarang memilih vitamin dan obat-obatan.

    Kebanyakan orang ingin memperhatikan kesehatan pada tubuhnya dengan mengkonsumsi vitamin dan obat-obatan. Anda tidak boleh asal memilih karena dosis pada obat tersebut bisa membahayakan ginjal pada tubuh anda.

    Maka dari itu anda harus konsultasi ke dokter, agar anda mengetahui apa obat yang cocok untuk dikonsumsi dalam waktu yang lama.

    1. Berhenti menghisap rokok

    Zat-zat racun yang terkandung di dalam rokok sangat lah berbahaya untuk yang mengkonsumsi rokok tidak hanya menghisap bagi yang menghirup asap rokokpun berbahaya. Rokok yang masuk di dalam tubuh anda bias menghambat aliran darah. Penyebabnya, jantung anda harus bekerja keras untuk memompa darah  yang menyebabkan hipertensi.

    Hipertensi adalah penyebab penyakit ginjal yang paling umu, maka dari itu, sebaiknya berhentilah merokok karena merokok itu dapat merusak kesehatan pada ginjal anda.

    1. Lakukanlah pemeriksaan pada ginjal

    Tidak ada permasalahan untuk melakukan pemeriksaan ginjal, dokter akan melakukan pengecekan pada anda untuk mengetes mengukur kerusakan fungsi ginjal pada tubuh anda.

    1. Aktif bergerak

    Agar ginjal selalu sehat, anda harus menjaga kesehatan yang paling mudah dilakukan hanya dengan beraktivitas fisik secara rutin, aktif bergerak dan tidak bermalas-malasan karena itu adalah kunci dari hidup sehat.

    Caranya anda harus:

    1. Jalan-jalan atau melakukan peregangan 3-4 menit setiap hari.
    2. Yang berkerja setiap hari di meja dianjurkan menggunakan meja kerja berdiri.
    3. Membeli makan siang  atau beli jajanan dengan jarak agak jauh dengan berjalan kaki.
    4. Saat anda ingin buang air kecil, hendak lah memilih toilet di satu lantai bawah atau bawah kantor agar naik turun tangga.
    5. Goyang-goyangkan pergelangan tanda anda dan disertai mengetuk-ngetuk kaki dan memutar-mutar pergelangan kaki.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar