'Dilan 1991' Disebut Pahlawan Super Indonesia

Daftar Isi

    Foto: 'Dilan 1991' disebut sebagai pahlawan super yang membawa nama Indonesia mendunia. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)

    LancangKunin.Com, Jakarta -- Dilan 1991 disebut sebagai pahlawan super Indonesia oleh Jaya Suprana, Kepala Museum Rekor Indonesia (MURI) saat memberikan penghargaan kepada film itu, Minggu (3/3).

    Itu karena film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq itu berhasil meraup penonton terbanyak pada saat gala premiere maupun hari pertama tayang di bioskop.

    "Hari ini saya bangga karena bisa hadir di satu peristiwa bersejarah. Semoga yg terjadi hari ini bisa menyemangati film indonesia menaklukkan film dunia. Dia [Odie M. Hidayat, produser]) inisuperhero-nya film Indonesia. Mereka ini [pemain Dilan 1991] juga superhero yang akan membawa Indonesia mendunia," kata Jaya Suprana di Jakarta, kemarin.

    Dilan bahkan mengalahkan pahlawan super Marvel. Penghasilan kotor Dilan 1991 mengalahkan penonton Avengers: Infinity War di Indonesia. Pada hari kelima penayangan di Indonesia, Avengers: Infinity War menghasilkan RP22 miliar. Sementara Dilan sudah mendapat Rp23 hingga Rp24 miliar pada hari ketiga penayangan, sejak 28 Februari lalu.

    Pencapaian Dilan 1991 pun menorehkan rekor MURI. Mereka mendapat dua piagam sekaligus. Satu untuk jumlah penonton gala premiere di bioskop yang mencapai 80 ribu penonton, satu lagi untuk jumlah penonton terbanyak di hari pertama penayangan (720 ribu orang).

    "Sore ini semoga bisa 2,7 juta [penonton]," kata Odie menuturkan, dikutip dari CNN.

    Ia menargetkan, penonton Dilan 1991 bisa mengalahkan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Film itu mencapai 6,8 juta penonton, yang tak bisa dikalahkan Dilan 1990 dengan hanya 6,3 juta penonton tahun lalu. Melihat bioskop yang penuh, Odie optimistis dengan targetnya.

    Apalagi pencapaian Dilan 1991 sudah menjadi sorotan media asing. Situs film Deadline yang melaporkan box officedi beberapa negara menyebut Dilan 1991meraja di Indonesia. Ia disebut memecahkan rekor sepanjang masa yang sebelumnya dipegang Avengers: Infinity War.

    Dilan 1991 merupakan kelanjutan dariDilan 1990. Kisah cinta Dilan (masih dibintangi Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) lebih rumit dan kompleks, tak sekadar penuh gombalan dalam film yang diangkat dari buku kedua ini. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 'Dilan 1991' Disebut Pahlawan Super Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar