Jumat 9 Ramadhan 1364 H Indonesia Merdeka

Daftar Isi

    Oleh : Helmi Yani

    9 Ramadhan 1437 H bertepatan dengan 14 Juni 2016, merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Yang mana pada saat itu merupakan bulan Ramadhan. Bulan suci dimana umat islam berpuasa dan melakukan aktivitas ibadah lainnya. Dan hari itu juga, Jumat 9 Ramadhan 1364 H Indonesia merdeka, tepat pukul 10:10 WIB Indonesia diproklamirkan sebagai negara oleh proklamator RI, Soekarno-Hatta

    Selasa, 14 Juni 2016 atau 9 Ramadhan 1437 H adalah hari dimana umat islam dan rakyat Indonesia mesti mengingat sebagai hari bersejarah bagi bangsa, karena kemerdekaan diraih saat bulan suci Ramadhan dan mengingat kemaren sebagai hari kemerdekaan adalah upaya untuk menghadirkan kekuatan umat islam bahwa sejatinya Ramadhan bukanlah bulan yang menghalangi untuk melakukan perjuangan.

    Secara hitungan masehi maka Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 namun berdasarkan kalender hijriah maka Indonesia merdeka pada tanggal 9 Ramadhan 1364 H, yang bertepatan pada Selasa, (14/6/2016)

    Sejarah mencatat, banyak perjuangan dan perlawanan yang dilakukan di bulan suci Ramadhan. Dan kemerdekaan Indonesia yang diraih di bulan suci Ramadhan mengingatkan kita bahwa proklamasi diraih di bulan suci yang mulia. Sebuah perjuangan kemerdekaan yang mulia yang diraih di bulan suci dan agung.

    Hidayat Nur wahid mengatakan Proklamasi di bulan Ramadhan bukan sebuah kebetulan tapi merupakan berkah Allah. Dan ini juga menandakan bahwa sebenarnya antara nilai-nilai agama, nilai pancasila dalam berbangsa dan bernegara tidak bisa dipisahkan. Dengan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada agama yang terdapat dalam sila pertama adalah bentuk makna tersirat yang mana agama dan bangsa sejatinya tidak bisa dipisahkan dalam pelaksanaannya sebagaimana sekulerisme memisahkan agama dan bangsa.

    Kemerdekaan Indonesia yang diraih di dalam bulan suci Ramadhan memperlihatkan pada sejarah bahwa sesungguhnya, perjuangan di dalam bulan suci Ramadhan bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Dan ini juga menandakan nilai spiritual para pejuang bangsa saat kala itu sangat luar biasa, tetap berjuang di bulan suci yang mulia dan tak tanggung-tanggung Allah pun hadiahkan kemerdekaan.

    Maka bulan suci Ramadhan selain merupakan bulan puasa bagi umat islam, juga merupakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang layak diperingati umat islam dan juga bangsa Indonesia karena bagaimanapun sejarah telah mencatat dalam tinta emas bahwa kemerdekaan Indonesia jatuh pada 9 Ramadhan 1364 H yang bertepatan di tahun 2016 ini pada hari Selasa 14 Juni 2016.

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jumat 9 Ramadhan 1364 H Indonesia Merdeka
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar