Logas Lokasi Mendulang Emas di Kuantan Singingi, Salah Satu Objek Wisata Sejarah Riau

Daftar Isi

    Lancangkuning.com – Potensi emas butiran di Logas masuk dalam skala pertambangan rakyat dengan pengelolaan sederhana seperti mendulang. Terdapat 12.413,37 Ha lahan memiliki kandungan emas aluvial baik di daratan maupun diperbukitan, ini merupakan hasil pendataan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

    Tambang emas Logas pernah didirikan oleh penjajah Belanda, pada masa penjajahan Belanda di Indonesia dan pada masa penjajahan Jepang, perusahaan itu diambil alih oleh Jepang hingga Indonesia merdeka pada tahun 1945. Sampai sekarang masyarakat masih melakukan penambangan emas secara tradisional yaitu mendulang emas.

    Logas berlokasi di Muara Lembu. Terletak antara Kota Pekanbaru dan Teluk Kuantan. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai penambang emas tradisional. Logas selain terkenal dengan tempat penambangan emas, tempat ini juga terkenal dengan kerja paksa yang dilakukan penjajahan Jepang kepada masyarakat pribumi selama ia menjajah Indonesia.

    Di Logas Juga terdapat bekas rel kereta api dan lokomotif dalam kondisi rusak di hutan. Dan ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang telah dikunjungi para wisatawan mancanegara, terutama wisatawan dari Jepang dan Belanda yang ingin bernostalgia. Logas juga terkenal sebagai tempat pembuangan bagi tawanan-tawanan serdadu Jepang yang pernah menjajah Indonesia.

    Logas penuh dengan batu-batu dataran rendah yang menyimpan potensi emas. Dan diantara bukit-bukit batu, batang singingi aliran sungai mengalir yang memberikan nilai tambah pada panorama alam yang indah di Logas.

    Dikarenakan Logas awal mulanya merupakan perusahaan tambang yang didirikan Belanda maka di saat masa kini masyarakat menjadikan Logas tempat mendulang emas, penambangan secara tradisional. Hal ini menjadikan wisatawan mancanegara Jepang dan Belanda tertarik untuk berkunjung ke Kuansing. Dengan sejarah dan peninggalan itu maka Logas menjadi salah satu objek wisata sejarah yang  diperhatikan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan dijadikan kawasan wisata unggulan. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Logas Lokasi Mendulang Emas di Kuantan Singingi, Salah Satu Objek Wisata Sejarah Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait