Tempat Wisata di Waikabubak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sumba adalah salah satu kota yang mempunyai tempat wisata yang indah, salah satu kota yang penuh dengan tempat wisata yaitu kota Waikabubak. Waikabubak ini tempat wisata yang beda dengan tempat wisata yang lain, karena masyarakat disini masih mempertahankan adat dengan erat jika berkunjung anda berkunjung ke Waikabubak maka anda akan melihat bagaimana kehidupan dan bangunannya yang masih seperti bangunan pada masa lalu seperti di Kampung Adat Tarung  yang berada di Waikabubak. Tempat wisata di Sumba sangat banyak untuk bisa dikunjungi, berikut beberapa destinasi yang ada di Waikabubak.

    1. Kampung Tarung

    Kampung penuh yang masih erat dengan adat ini masih mempertahankan orisinalitasnya. Rato adalah pempimpin yang ada di Kampung Tarung, masyarakat Kampung Tarung ini masih memeluk kepercayaan Merapu. Rumah adat yang masih berdiri dengan kokoh yang hanya dibantu pasak dan paku besi. Bentuk sederhana dan memiliki atap tinggi yang dibalut dengan jerami.  Bagian atap dipergunakan untuk pemyimpanan bahan pangan, bagian tengah ditempati oleh masyarakat yang ditinggal dan bagian bawah digunakan untuk ternak atau hewan peliharaan.

    1. Patung Kuda Kota Waikabubak

    Patung kuda yang berada di simpang Jalan Bhayangkara. Menuju lokasi Patung Kuda yang dinaiki seorang pendekar ini adalah saah satu tempat wisata di malam hari. Pendekar tersebut adalah seorang ksatria Pasola yang membawa senjata tombak.

    1. Tugu Kota Waikabubak

    Tidak hanya Patung Kuda salah satu monumen yang bisa anda lihat yaitu Tugu Kota Waikabubak. Kota yang meruapakan kota kedua terbesar di Sumba. Kota inilah yang ada sebuah kampung adat di tengah kota yang bernama Kampung Adat Tarung.

    1. Kampung Praijing

    Kampung Praijing adalah salah satu desa adat yang didirikan di bukit yang masih mempertahankan kearifan lokal yang ada. Kampung masih dikelilingi hutan dan pepohonan yangtinggi. Para pecinta sejarah telah menetapkan Kampung adat Praijing menjadi situs dengan batu-batu megalitik. Kampung adat ini adalah tempat wisata di Sumba yang wajib dikunjungi karena memiliki kuburan yang menarik dan unik yang disebut dengan kuburan megalitik.

    1. Puru Kambera

    Peru Kambera adalah padang savana taman Nasional Baluran, dipuru kembara ini hewan ternak akan dilepaskan ke alam liar tidak perlu hean kalau berkunjung kesini akan menemui berbagai macam hewan ternak yang ada dijalan. Peru kambera juga memiliki keunikan yaitu keberadaan pohon Bila yang buahnya merupakan salah satu favorit para sapi yang haus. Di sini memang gersang tapi alamnya masih alami. Tapi suasana disini sangat lah tenang sehinga kita bisa mendengarkan suara gemuruh ombak yang ada di bibir pantai.

    1. Air  Terjun Matayangu

    Air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini memilki kealamian yang asri karena berada di area Taman Nasional. Keunikan air terjun ini adalah adanya sebuah gua kecil dibalik air terjun yang indah ini.

    1. Pantai Kerewei

    Pantai ini adalah salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan. Tepi pantai yang ditumbuhi dengan nyiur yang melambai-lambai. Jika anda ke pandati ini jangan lupa untuk naik ke atas bukit untuk mengabadikan pantai kerewei yang berbentuk sebuah teluk.

    1. Bukit Persaudaraan

    Bukit persaudaraan sangat lah tepat untuk cuci mata untuk melihat bagaimana kesejukan yang hijau. Bukit ini sangat memanjakan mata, kemana pun anda memandang akan hanya disuguhi dengan berbagai bukit dan pepohonan yang hijau. (Ipit)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Wisata di Waikabubak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar