SIAK PNP

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Politeknik Negeri Padang (PNP) merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di kota Padang. Politekni Negeri Padang memiliki kampus yang bersebelahan dengan Universitas  Andalas. Alamat kampus Politeknik Negeri Padang yaitu  Jl. Limau Manis, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.

    Biasanya setiap kampus memiliki sistem informasi akademik yang bisa diakses oleh mahasiswa. Begitu juga dengan Politeknik Negeri Padang memiliki sistem informasi yang dikenal dengan nama SIAK PNP yang dapat di akses di http://siak.polinpdg.ac.id. SIAK merupakan singkatan dari  Sistem Informasi Akademik. Pada Sistem informasi akademik Politeknik Negeri Padang ini terdapat beberapa menu yang dapat diakses oleh mahasiswa seperti mahasiswa, prakuliah, perkulihan, pascakuliah, beasiswa, alumni, user, dan data master.

    Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa menu yang ada di sistem informasi akademik Politeknik Negeri Padang yaitunya :

    1. Mahasiswa

    Untuk menu mahasiswa pada sistem informasi ini berisi tentang data-data mahasiswa seperti biodata, riwayat, pendidikan, orang tua dan data wali. Pada menu mahasiswa ini mahasiswa juga dapat mengubah data diri dan menyimpan perubahan. Untuk masuk ke sistem informasi akademik PNP ini user namenya adalah nomor BP dan password defaultnya adalah angka satu sampai angka enam.

    1. Prakuliah

    Pada menu prakuliah ini berisi informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan yang dilakukan sebelum melakukan perkuliahan.

    1. Perkuliahan

    Untuk menu perkuliahan menu ini berisi informasi tentang perkulihan yang dilakukan oleh mahasiswa.

    1. Pascakuliah

    Menu pascakuliah merupakan menu yang digunakan untuk mencetak lapor atau lebih dikenal dengan KHS (Kartu Hasil Studi) biasanya menu ini banyak di akas pada saat lapor sudah bisa dicetak. Bahkan sangking banyak yang mengakses untuk melihat lapor biasanya menyebabkan server bermasalah.

    1. User

    Pada menu user terdapat sub menu yaitu pesan masuk dan ubah password. Untuk pesan masuk dapat di filter berdasarkan tanggal. Menu ubah password berfungsi untuk mengubah password default menjadi password yang lebih aman. Karena jika tidak diganti maka orang lain bisa mengakses sistem informasi akademik dan mengubah data kamu apabila dia mengetahui nomor BP kamu. Jadi gantilah password pada menu ini agar data-data kamu yang ada di SIAK menjadi aman.

    Itulah pembahasan beberapa menu yang ada di SIAK Politeknik Negeri Padang. Sekilas SIAK Politeknik Negeri Padang terlihat sama dengan SIAK yang ada di kampus-kampus lain namun ada perbedaan Sistem Informasi Akademik Politeknik Negeri Padang dengan sistem informasi akademik yang ada di kampus lain yaitunya pada sistem informasi akademik Politeknik Negeri Padang tidak ada menu untuk mengisi KRS (Kartu Rancangan Studi) hal ini dikarenakan sistem perkulihan di Politeknik Negeri Padang yang berbeda dengan sistem perkulihan yang ada di universitas.

    Di Politeknik Negeri Padang menggunakan sistem paket untuk perkulihan jadi mahasiswa tidak perlu mengisi KRS setiap semester karena sudah ditentukan oleh kampus. Mahasiswa tinggal menjalani kuliah selama satu semester tanpa harus mengisi Kartu Rancangan Studi (KHS).

    Selain Sistem informasi Akademik untuk mahasiswa di Politeknik Negeri Padang juga ada SIAKAD (Sistem Informasi Akademik Dosen) sistem informasi ini merupakan sistem informasi akademik untuk dosen yang ada di Politeknik Negeri Padang. Selain SIAKAD di Politeknik Negeri Padang juga ada SIHEREG yang merupakan sistem informasi heregistrasi mahasiswa Politeknik Negeri Padang sistem ini digunakan untuk melihat apakah mahasiswa sudah terdaftar atau belum untuk semester baru. Itulah pembahasan tentang Sistem Informasi Akdemik Politeknik Negeri Padang, semoga bermanfaat.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SIAK PNP
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar