Lahan Konsesi Chevron di Dumai Ikut Terbakar 

Daftar Isi

    DUMAI- Api yang membakar sebagian lahan di Kota Dumai, Selasa, (26/2/2019) mulai merambat ke lahan konsesi milik PT Chevron Pacific Indonesia.

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Afrilagan, mengatakan kebakaran lahan konsesi Chevron berlokasi di tepi Jalan Soekarno-Hatta, dekat Jembatan Bukit Jin. Ia memperkirakan luas kebakaran lahan gambut tersebut mencapai empat hektare.

    “Status lahan konsesi Chevron, jadi lahan ini milik BP Migas tapi pengelolaan di PT Chevron,” kata Afrilagan di lokasi kebakaran lahan.

    Ia mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran di lahan konsesi Chevron tersebut sekitar pukul 11.00 WIB dari Babinsa setempat. Namun, petugas pemadam kebakaran baru tiba di lokasi tersebut pada siang hari karena banyak titik api bermunculan di Dumai. Menurut dia, kebakaran pada hari yang sama di Dumai juga terjadi di Bukit Batrem dan Bangsal Aceh dengan luasan yang berbeda-beda.

    "Kita terlambat karena cuaca panas dan ada lima titik (kebakaran) yang berbeda, dan ini adalah yang keenam," katanya.

    Berdasarkan pantauan Antara, asap pekat menyelimuti lokasi tersebut dan api masih terlihat berkobar di beberapa bagian di lahan gambut tersebut. Asap pekat terbawa angin hingga mengganggu jarak pandang warga yang melintasi Jalan Soekarno-Hatta.

    Tim gabungan dari BPBD Dumai, Manggala Agni Daops Dumai, Polres Dumai, TNI dan pihak perusahaan terus berusaha memadamkan kebakaran di lahan tersebut.

    "Bisa dilihat sendiri, airnya ada tapi sedikit. Ada lima mobil (pemadam) tapi airnya dijemput dari lokasi lain. Ketika sampai di sini cepat habisnya dan dijemput lagi," sebut Afril di lokasi, Selasa petang.

    Ia mengatakan kebakaran lahan di Kota Dumai selama tahun 2019 sudah melahap 70 hektare lahan. Dumai dalam beberapa terakhir juga diselimuti kabut asap, baik yang berasal dari daerah itu sendiri ataupun kiriman dari Pulau Rupat.

    Sementara itu,Sonitha Poernomo Manager Corporate Communication PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), terkait kebakaran lahan di Dumai, menyatakanmenerima laporan kebakaran dari petugas keamanan. Tim Pemadam Kebakaran PT. PT CPI langsung menuju lokasi untuk memadamkan titik-titik api, bekerja sama dengan tim gabungan TNI, Polri dan BNPB.

    "PT CPI prihatin atas situasi kebakaran lahan dan asap serta terus memantau kualitas udara di Riau. PT CPI berkomitmen untuk meminimalkan dampak asap terhadap operasi dan masyarakat dan terus mengupayakan pencapaian produksi secara selamat dan andal," katanya.(haz/ant)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lahan Konsesi Chevron di Dumai Ikut Terbakar 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar