Makanan Khas Lombok Yang Wajib Dicoba

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Lombok merupakan sebuah pulau yang terdapat di Nusa tenggara yang memiliki luas sekitar 5.435 kilometer². Lombok memiliki keunikan yang di kenal banyak orang diantaranya Rumah tradisional suku Sasak. Rumah tradisional suku Sasak ini katanya terbuat dari kotoran lembu atau sapi.

    Selain rumah adat yang katanya terbuat dari kotoran sapi, Lombok memiliki adat istiadat maupun budaya diantaranya ada upacara rebo bontong. Upacara rebo bontong ini diartikan sebagai upacara untuk menolak bala atau bencana. Upacara rebo bontong ini dilakukan setiap hari Rabu setiap setahun sekali. Selain upacara rebo bontong ternyata Lombok memiliki pasir pantai yang berbentuk mirip seperti merica.

    Pasir ini bisa anda temukan di Tanjung Aan dan pantai Kuta di Lombok. Jika anda berkunjung ke pulau Lombok ini, anda akan terbebas dari polusi. Hal ini disebabkan karena kurangnya kendaraan yang menyebabkan polusi udara. Selain terbebas dari polusi udara, Lombok juga memiliki makanan khas yang wajib anda coba. Disini saya akan memberikan apa saja makanan khas yang wajib anda coba ketika berkunjung ke pulau Lombok ini.

    1. Sate Bulayak

    Sate memang sudah tidak asing lagi pagi penduduk Indonesia bahkan sudah di perkenalkan sampai ke luar negeri. Teryata di Lombok juga memiliki makanan khas yaitu sate bulayak. Sate bulayak ini memang tidak terkenal dari sate Padang tetapi sate ini setara dengan sate Madura. Sate bulayak ini memiliki keunikan yang berbeda dari sate yang lainnya yaitu ketupatnya di bungkus menggunakan daun aren yang berbentuk spiral. Sate bulayak ini menggunakan sambal khas dari suku Sasak yang di berikan pada dagingnya. Sate bulayak ini wajib anda coba dan cicipi saat anda berkunjung ke pulau Lombok.

    2. Sate Rembiga

    Selain sate bulayak di Lombok juga memiliki sate Rembiga. Sate Rembiga ini menjadi sate yang banyak di kenal karena memiliki rasa sate yang manis dan gurih. Selain memiliki rasa yang manis dan gurih, sate ini dikenal karena memiliki daging sapi yang lembut karena di pulau Lombok sapi-sapi di biarkan berkeliaran sehingga menyebabkan sapi tidak mudah stress. Hal ini yang membuat daging sapinya menjadi lembut dan sate ini di kenal banyak orang. Jika anda berkunjung dan berwisata ke pulau Lombok jangan sampai kelewatan untuk mampir dan mencicipi sate Rembiga ini.

    3. Sate Tanjung

    Sate Tanjung memang tidak banyak di kenal dari sate Rembiga. Sate Tanjung ini memiliki keunikan tersendiri yaitu biasanya sate di sajikan menggunakan daging sapi ataupun kambing, tetapi sate Tanjung ini terbuat dari daging ikan cakalang. Sate ini tidak banyak di kenal dikarenakan sate ini tidak mudah ditemukan. Tetapi sate Tanjung ini wajib anda coba ketika berkunjung ke pulau Lombok walaupun sate ini jarang ditemukan.

    4 . Ayam Taliwang

    Ayam Taliwang merupakan salah satu diantara makanan khas dari pulau Lombok. Ayam Taliwang ini merupakan makanan khas Lombok yang juga dikenal banyak orang karena memiliki rasa yang pedas. Ayam Taliwang ini bisa dimasak dengan cara di goreng ataupun dengan cara dibakar. Ayam Taliwang berasal dari ayam kampung yang memiliki usia yang masih muda. Hal ini yang menyebabkan dagingnya empuk dan menjadi makanan khas Lombok yang wajib anda coba ketika berkunjung ke pulau Lombok.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Lombok Yang Wajib Dicoba
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar