Objek Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan ibu kotanya terletak di Kota Kayu Agung, merupakan salah satu bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten ini juga dikenal dengan singkatan OKI. OKI memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebagian dari destinasi wisata tersebut bahkan menjadi ikon khas dari Provinsi Sumatera Selatan. Jika kamu berkunjung ke Kabupaten OKI, jangan lewatkan tempat-tempat wisata berikut.

    1. Bukit Batu

    Wisata Bukit Batu berlokasi di Kecamatan Pangkalan Lampam, lebih tepatnya di Desa Bukit Batu. Ketika mengunjungi tempat ini, kamu akan merasakan sejuknya udara dan rindangnya pepohonan di sana. Pemandangan perbukitan bagai permadani hijau akan membuat kamu nyaman untuk bersantai di sini. Bukit Batu ini juga memiliki legenda tersendiri. Ada dua versi cerita mengenai Bukit Batu. Yang pertama, Bukit Batu berawal dari zaman dahulu kala, dimana saat itu banyak didapati berbagai batu berbentuk hewan dan manusia. Adapun pada versi cerita kedua, menceritakan sosok Si Pahit Lidah yang dapat mengubah benda apa saja menjadi batu melalui ucapannya.

    1. Danau Teluk Rasau

    Danau Teluk Rasau ini bisa dibilang memiliki pemandangan yang sangat asri. Berjejernya pepohonan di sekeliling danau dan suasana yang dapat menenangkan hati, membuat danau ini semakin nyaman untuk dikunjungi. Lokasi danau yang jauh dari keramaian dapat menjadi tempat yang cocok untuk dijadikan area berkemah.

    1. Danau Teloko

    Danau Teloko dapat menjadi tujuan wisata selanjutnya. Hanya saja, fasilitas untuk mengikuti kegiatan di atas danau tersebut masih terbilang kurang. Namun, kamu bisa menggunakan perahu nelayan yang ada di sana untuk bersantai menikmati suasana di atas danau. Terdapat juga beberapa titik atau lokasi yang cocok untuk memancing ikan di danau tersebut.

    1. Danau Teluk Gelam

    Danau Teluk Gelam sebelumnya pernah dijadikan lokasi dalam salah satu rangkaian acara Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Jambore Nasional. Fasilitas yang ada di danau ini terbilang lengkap, sehingga cukup untuk membuat para wisatawan yang datang ke sini merasa puas dan senang. Berbagai fasilitas yang ada di danau ini di antaranya adalah banana boat, perahu bebek, jetski, perahu karet, dan sebagainya. Terdapat pula fasilitas di area darat seperti camping ground, tempat bermain anak, serta hotel dan tempat spa. Dengan banyaknya fasilitas yang tersedia di sini, tentunya sangat menarik perhatian para wisatawan baik dari OKI, maupun dari luarnya.

    1. Lebak Air Itam

    Lebak Air Itam merupakan objek wisata berupa rawa. Tempat ini dikelilingi dengan rumput-rumput hijau. Ketika musim hujan tiba, Lebak Air Itam menjadi tempat masyarakat memancing ikan, karena pada saat itu air rawanya menjadi naik. Jika ingin melihat pemandangan bagai pedesaan, tempat ini cocok dijadikan destinasi wisata, karena di pinggir rawa terdapat banyak kerbau yang singgah.

    1. Lebak Deling

    Tidak jauh berbeda dengan Lebak Air Itam, Lebak Deling juga merupakan objek wisata berupa rawa. Hanya saya, Lebak Deling ini bisa dibilang lebih luas. Tempat ini juga cocok dijadikan spot untuk berfoto ria. Pemandangan pohon yang berada di pinggir rawa dan pasir halus membuatnya semakin bagus untuk dijadikan spot berfoto.

    1. Pantai Tanjung Menjangan

    Objek wisata pantai yang satu ini tak kalah menarik dengan objek wisata pantai lainnya. Pasir yang dimiliki pantai ini tampak putih dan bersih. Pantai ini masih terbilang baru dalam menjadi tujuan objek wisata, sehingga masih sedikit wisatawan yang berkunjung ke sini. Pantai ini juga cocok dijadikan tempat bersnorkling, karena terdapat pemandangan bawah laut yang indah pada sebagian daerah pantai. Di bawat laut, kamu dapat melihat beragam jenis terumbu karang, beserta ikan-ikan yang hidup di sana.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Objek Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar