Makanan Khas Empat Lawang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Empat Lawang adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Selain karena tempat wisata yang ada disana Empat Lawang juga terkenal dengan makanannya yang dapat memanjakan lidah anda.

    Berikut adalah Makanan Khas Empat Lawang :

    1. Pindang Masak Asam Ikan Sungai Musi

    Makanan ini adalah makanan yang sangat mudah anda temukan jika anda berkunjung ke Empat Lawang, makanan ini mudah ditemukan karena bahan utama dari masakan ini sendiri adalah ikan dan ikan sendiri merupakan penghasilan masyarakat dari sungai musi.

    1. Pindang Tulang

    Kuliner ini masih cukup mudah untuk ditemukan baik di rumah makan ataupun warung-warung kecil yang menyediakan makanan, hanya saja biasanya masyarakat sekitar akan menyajikan dan menikmati makanan ini ketika hajatan saja dikarenakan bahan dasarnya adalah tulang.

    1. Kelicuk

    Kelicuk adalah salah satu makanan yang sangat lezat apabila disajikan dan dimakan Bersama keluarga, makanan ini terbuat dari campuran pisang yang sudah ditumbuk halus dengan beras ketan putih ataupun beras ketan merah yang selanjutnya dibentuk dengan pola berbentuk segitiga sama kaki. Makanan yang biasanya dijadikan masakan rumah ini sekarang sudah banyak yang menjual di pasar daerah Empat Lawang, dimana anda bisa menikmatinya dengan harga sekitar Rp.500 per-biji.

    1. Tempoyak

    Tempoyak adalah makanan yang berasal dari daging durian yang sudah matang, makanan ini hanya bisa anda temukan pada musim durian saja. Selain di Empat Lawang sebenarnya makanan ini juga terdapat di daerah lain, seperti Palembang, Lubuk Linggau, Lahat, dan Kepahiang. Biasanya masyarakat Empat Lawang menikmati tempoyak dengan ikan sungai musi, baik dimasak secara terpisah ataupun dimasak secara bersamaan masakan ini tetap terasa nikmat dan lezat.

    1. Bekasam Rebung

    Dari namanya saja pasti anda sudah tau, ya makanan ini berbahan dasar bambu yang masih muda atau yang biasanya kita sebut dengan rebung. Hanya saja untuk masakan ini masyarakat Empat Lawang.

    1. Dodol Durian

    Masyarakat sekitar menyebut makanan satu ini dengan sebutan “Lempok”. Lempok sendiri sebenarnya sejenis dengan dodol khas Jawa Barat, hanya saja lempok ini memiliki cita rasa dan aroma khas durian. Sama seperti tempoyak makanan ini juga hanya dapat ditemukan pada musim durian.

    Selain durian, gula dan garam juga termasuk dalam bahan baku utama yang harus ada dalam pembuatan lempok ini, dimana masyarakat Empat Lawang biasanya memasukkan daging durian yang sudah dipisahkan dari bijinya ke dalam panic besar setelah itu akan dimasukkan gula dan garam. Bagi anda yang sangat suka dengan rasa durian makanan ini akan sangat cocok bagi anda, karena rasa dari lempok durian ini tidak kalah nikmat dengan durian segar yang baru jatuh dari pohonnya.

    1. Pindang Ikan Guan

    Masakan satu ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan utama, dimana untuk di daerah Empat Lawang tidaklah susah untuk menemukan ikan gabus walau tidak dibudidayakan oleh masyarakat sekitar, karena keberadaan ikan ini sangat mudah ditemukan di sungai-sungai yang ada di Empat Lawang.

    Jika anda berkunjung ke Empat Lawang untuk menikmati wisata yang ada disana, maka jangalah lupa untuk mencoba makanan khas yang ada di Empat Lawang ini, Demikian penjelasan dari Dary tentang Masakan Khas Empat Lawang semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada yang salah. (Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Empat Lawang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar