Taman Tampoenek Muara Bungo

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Bungo merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Kabupaten ini berasal dari pemekaran kabupaten Bungo Tepo pada tanggal 12 Oktober 1999. Ibu kota kabupaten ini adalah Muara Bungo. Kabupaten Bungo terdiri dari 17 kecamatan. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah mulai dari sektor perkebunan seperti karet dan sawit, juga ada sektor pertambangan seperti emas dan batu bara, dan sektor pertanian seperti penanaman makan pokok.

    Selain sektor perkebunan, pertambangan, dan pertanian di Kabupaten Bungo juga ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata alam seperti air terjun, gua, sungai. Selain itu di Bungo juga disediakan tempat untuk berekreasi keluarga seperti taman. Ada beberapa taman di Bungo yaitu Taman Hijau Bungo, Taman Pusparagam, Taman Tampoenek Bungo.

    Kali ini kita akan membahas salah satu taman yang ada di Kabupaten Bungo yaitu Taman Tampoenek. Yang mana Taman Tampoenek Bungo merupakan salah satu taman umum di Muara Bungo. Taman Tampoenek berlokasi di Candika, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bunyo, tepatnya di depan komplek perkantor DPRD Bungo dan kantor Bupati Bungo. Taman ini diresmikan pada hari Kamis(7/6/2018). Nama taman ini diambil dari nama pohon yang bernama pohon Tampoenek yang mana pohon ini tumbuh di tengah-tengah Taman Tampoenek.

    Taman ini termasuk taman yang lama diresmikan karena pengerjaannya sudah selesai pada tahun 2017 namun baru diresmikan pada tahun 2018. Dinas beralasan taman lambat dibuka karena masih dalam tahap pemeliharaan. Taman ini diresmikan oleh Bupati Bungo Mansur dan Wakil Bupati Safrudin Dwi Apriyanto. Pada peresmian itu bupati dan jajaran pemkab mengucapkan terimakasih kepada kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, atas pembangunan taman Tampoenek yang terletak di Kabupaten Bungo ini. Peresmian taman ini ditandai dengan pembunyian sirine, dan pengguntingan pita oleh bapak Bupati Mashuri beserta Wakil Bupati bapak Safrudin Dwi Apriyanto.

    Pembangunan taman ini menghabiskan anggaran yang tidak sedikit dari Kementerian PUPR melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi sekeras 4miliar rupiah. Bupati Bungo menegaskan perlu kerjasana antara penjaga dan pengunjung Taman Tampoenek, untuk menjaga dan memanfaatkan fasilitas yang ada di taman, agar taman ini bisa menjadi tempat wisata bagi masyarakat Kabupaten Bungo yang terjaga kebersihan dan keindahannya. Bupati mengharapkan dengan adannya nama taman dan pos penjagaan Taman Tampoenek tidak hanya untuk tempat rekreasi dan sosialisasi saja, namun juga sebagi alternatif untuk wisata.

    Taman Tampoenek memiliki luas kurang lebih 1,5 hekter cukup luas bukan? Jika berkunjung ke Taman Tampoenek pengunjung tidak dikenakan biaya masuk atau karcis pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Dengan biaya yang tidak begitu mahal pengunjung sudah dapat menikmati fasilitas yang ada di Taman ini.

    Taman ini sangat cocok untuk di jadikan tempat rekreasi keluarga karena di taman ini tersedia tempat bermain anak, selain itu taman ini juga cocok untuk berfoto-foto karena banyak spot berfoto di taman ini. jika kamu suka berolahraga pada dihari libur mungkin kamu bisa mengunjungi taman ini karena di Taman Tampoenek ini juga disediakan fasilitas untuk berolahraga bagi pengunjung. Selain menarik untuk di kunjungi di siang hari taman ini juga menarik untuk di kunjungi pada malam hari karena pada malam hari taman ini tidak kalah cantik lo dengan lampu-lampu hiasan yang ada di taman ini.

    Cukup menarik bukan Taman Tampoenek Muara Bungo ini. Jika kamu berkunjung ke Muara Bungo jangan lupa untuk mampir ke Taman Tampoenek Muara Bungo ini untuk menikmati keindahan alam, dan menikmati fasilitas yang ada di taman ini.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Taman Tampoenek Muara Bungo
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar