Diikuti ratusan Audiens, LMND Taja Dialog Publik Pilkada

Daftar Isi


    Foto: Kaban Kesbangpol Kampar Mahadi saat memberikan sambutan dalam dialog publik LMND Kampar.




    Lancang Kuning, KAMPAR - Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) Kabupaten Kampar bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar menyelenggarakan kegiatan Dialog Publik dengan mengusung tema "Peran Generasi Muda dalam Pilkada Kampar Bersaudara tahun 2024" di Aula Kantor Bupati Kampar, Bangkinang Kota, kamis (8/8/2024).

    Dialog Publik tersebut diikuti oleh ratusan Audiens dari pengurus dan ketua OSIS se-Kabupaten Kampar yang tergabung di Forum Pelajar Kampar (FPK) serta Mahasiswa Kampar yang ada di kampus-kampus se-Kabupaten Kampar.

    Tampak hadir Pj Bupati Kampar yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kampar Drs. Mahadi, MH, Ketua KPU Kampar Andi Puta, Komisioner KPU Nuraini, Muhibuddin Akhmad, dan Fitri Andriani, Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah, SH, serta seluruh tamu undangan lainnya.

    Dalam arahannya Pj Bupati Kampar yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kampar Drs. Mahadi, MH sekaligus membuka kegiatan dialog publik tersebut menyampaikan bahwa Kondisi adik-adik saat ini yang sangat idealisme, pertahankan idealisme yang tinggi tersebut. Pertahankan idealisme jangan sampai dihilangkan. 

    "Tahun 2024 ini dikatakan tahun politik, politik itu banyak artinya. Tapi yang dimaksud dalam politik disini adalah kekuasaan, bagaimana bisa mendapatkan bisa mendapatkan kekuasaan," ujarnya.

    "Alhamdulillah pelaksaan pemilu serentak februari yang lalu berjalan dengan lancar, tidak terjadi bentrokan, tidak terjadi berkotak-kotakan ditengah masyarakat. Kami atas pemerintah inilah yang diharapkan, jikalau terjadi kekacauan pembangunan akan terganggu," imbuhnya.

    Disampaikan Mahadi, Selanjutnya 27 november 2024 nanti akan dilaksanakan pilkada serentak se-Indonesia Pemilihan gubernur wakil gubernur, walikota wakil walikota, bupati wakil bupati dalam pilkada damai.

    "Saya sering koordinasi dengan ketua KPU Kampar, komunikasi koordinasi yang saat ini entang pencalonan pada tanggal 27 agustus 2024. Kalau diperhatikan nanti akan muncul 3 pasang kemungkinan besar. Karna syarat nya adalah 20 persen dari jumlah anggota di DPRD Kampar 45 orang. Saat mendaftar dari 20 persen, syarat nya adalah 9 kursi di DPRD Kampar finalnya nanti di 27 agustus. Nanti akan muncul siapa saja pasangan sebenarnya tentu lewat deklarasi. Atas nama Pemerintah Daerah, Mahadi berharap agar angka partisipasi pemilih di Kabupaten Kampar meningkat," ungkap Mahadi.

    Lebih lanjut, Kaban Kesbangpol negucapkan ribuan terimakasih kepada LMND Kampar yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

    "Pada hari H Mari kita berpartisipasi, tingkat partisipasi pemilih harus tinggi. Jangan sembarang coblos nantinya, harus tau visi misi calon nya, harus memiliki dasar pemikiran nya. Mari kita menimalisir kecurangan, hindari kalau tidak bisa kurangi kecurangan, fungsi kita adik-adik adalah pengawasan pelaksanaan pikada sehingga jurdil bisa ditingkatkan.

    "Terimakasih kepada LMND yang telah mengumpulkan para mahasiswa pelajar sehingga ilmu tentang pilkada implementasi bisa diwujudkan. Saya acungkan jempol yang sudah melaksanakan kegiatan ini," tutupnya.

    Sementara itu, Ketua LMND Kampar, Bung Rahmat Aswin, SE dalam Sambutannya menyampaikan bahwa sebentar lagi masyarakat Kampar akan menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024.

    "Esensi dalam acara kali ini, 60 persen lebih pemilih dinaungi oleh pemuda yang biasa disebut Generasi Mileniall atau gen Z. Pentinganya kegiatan ini kita taja bahwa kami ingin memikirkan sifat-sifat kaum muda sekarang sudah jauh dari gagasan luas sebelumnya. Kami ingin kita bersama-sama mengawal pilkada pada tahun ini," pungkasnya.

    Dikatakan Bung Aswin, penyadaran politik anak muda sangat penting, mari nantinya berssama-ama anak muda, pemuda, adik-adik pemilih pemula untuk lebih menggali ilmu di dalam dialog publik ini.

    "Jika ingin terhindar konflik dimasa depan maka pebaiki la pemikiran anak muda hari ini" tegasnya.

    Sementara itu, Ketua KPU Kampar Andi Putra, SE MMA dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan fialog publik ini papat manambah semangat untuk meningkarakan partisispasi dalam pilkada serantak sehingga melahirkan pemimpin yang diinginkan masyarakat kabupaten Kampar.

    "Kami atasnama KPU Kampar Mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada LMND dalam menaja kegiatan ini. KPU Kampar sebagai penyelenggara Pemilu, perlu kita ketahui Pelaksanaan pemilu serentak sebelumnya dengan strategi-stretegi yang kita lakukan, sehingga mampu meningkatkan angka partisipasi diatas 80 persen. Tentunya dalam peningkatakn partisipasi ini tergantung kita bersama menjalin sinergitas dalam kolaborasi," pungkasnya.

    Diungkapan Ketua KPU Kampar bahwa hari ini bentuk upaya kita menyamapaikan informasi terkait penyelenggaraan pilkadq serentak pada hari Rabu, 27 november 2024 mendatang.

    "Kita akan kembali memilih pemilihan kepala daerah serentak Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati. Kami Menyambut baik kegiatan ini, kami memiliki turunan jaringan disetiap kecamatan, sebagai perpanjangan tangan kita untuk memberikan edukasi kepada masyarakat serta menyampaikan informasi penyelenggaran Pilkada serentak yang jurdil," paparnya.

    Nanti kita akan kupas startegi-strategi, kita punya tahapan apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan. Kita juga harus mengetahui perbedaan pilkada serentak dan pemilihan umum. 

    "Nanti kita akan buka ruang diskusi peran aktif untuk menggali informasi sehingga kita mempunyai pemahaman yang sama untuk pilkada serentak di Kabupaten Kampar," ulasnya. (LK/Rd) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Diikuti ratusan Audiens, LMND Taja Dialog Publik Pilkada
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar