Rektor UIR dan LLDIKTI XVII Terima Mahasiswa KKN Nusantara Tiga Provinsi

Daftar Isi


    LANCANGKUNING.COM,Pekanbaru-Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL bersama Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XVII Dr Nopriadi SKM MKES menerima 13 mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara LLDIKTI IV di UIR Pekanbaru pada Senin (29/07 2024).

    KKN Nusantara merupakan program kolaborasi nasional yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi RI. Melalui LLDIKTI IV, kementerian menempatkan mahasiswa KKN Nusantara di tiga provinsi, yakni Lampung, Bangka Belitung dan Riau. Untuk Provinsi Riau, ditunjuk Universitas Islam Riau sebagai tuan rumah. Jumlah mahasiswa KKN Nusantara 13 orang, mereka berasal dari Universitas Islam Bandung (lima mahasiswa), Universitas Pasundan (dua), IKIP Siliwangi (empat) dan Universitas Islam Nusantara Bandung (dua).

    Disamping keempat perguruan tinggi, UIR juga mengirim delapan mahasiswa ke program KKN Nusantara ini. Jadi totalnya 21 mahasiswa, mereka akan melaksanakan kuliah kerja di Desa Pulau Godang XIII Kota Kampar Kabupaten Kampar Riau sejak Senin (29/07 2024) hingga empat bulan ke depan.

    Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa Universitas Islam Bandung Dr Amrullah Hayatuddin SHi MAg menyampaikan terima kasih rombongannya kepada Rektorat UIR dan LLDIKTI XVII. Menurutnya program ini merupakan pilot projec nasional. Ada dua skema mahasiswa yang akan mengikuti KKN Nusantara. Skema pertama, terhadap mata kuliah yang dikonversi dengan 10 SKS, dan skema, mata kuliah yang dikonversi untuk 20 SKS. 

    ''Skema pertama dilaksanakan untuk dua bulan dan skema kedua empat bulan. Kami berharap mahasiswa UIR yang ikut program ini mengambil skema kedua dengan waktu empat bulan,'' kata Amrullah Hayatuddin kepada Rektor UIR.

    Rektor UIR menyampaikan selamat datang kepada Pimpinan PTS dan mahasiswa KKN Nusantara dari empat perguruan tinggi swasta dalam wilayah LLDIKTI IV. Ia menyambut gembira kolaborasi kuliah kerja nyata ini, dan menurut Rektor KKN, kolaborasi ini adalah yang pertama bagi Universitas Islam Riau.

    ''KKN ini akan dilaksanakan di Desa Pulau Godang Kabupaten Kampar untuk kurun waktu dua sampai empat bulan. Mudah-mudahan mahasiswa dapat melaksanan program-programnya dengan baik, dapat pula beradaptasi dengan masyarakat,'' ujar Rektor.

    Pesan serupa disampaikan Kepala LLDIKTI XVII Nopriadi. Mantan Rektor Universitas Islam Kuantan Singingi ini menghimbau mahasiswa, melaksanakan kegiatan dengan baik. Dapat bergaul dengan masyarakat secara baik, datang ke lokasi KKN dengan niat yang baik pula, yakni membangun deaa. Jaga sikap dan turur kata ketika berkomunikasi dengan masyarakat tempatan. Jaga pula nama baik almamater.

    ''Ananda beruntung, KKN diantar oleh Pimpinan masing-masing perguruan tinggi. Syukuri ini, zaman anda sekarang adalah zaman tekhnologi. Manfaatkan medi sosial untuk hal-hal bersifat positif termasuk di desa tempat anda melaksanakan KKN Nusantara,'' pesan Nopriadi.

    Penerimaan giat KKN Nusantara ini dihadiri Kepala LLDIKTI XVII Nopriadi, Ketua Umum YLPI Nurman, Wakil Rektor I Syafhendri, Wakil Rektor II Firdaus Abdulrahman dan Wakil Rektor III Admiral. Hadir juga Kelala Biro Administrasi Umum dan Personalia Tati Maharani, Kepala BAAK Kurnia Astuti dan Kabag Humas Heri Setiawan. Para mahasiswa KN diantar langsung oleh Pimpinan PTS, yakni  Amrullah Hayatudin  dari Universitas Islam Bandung, Irma Tulita Silviany (Koordinator Pembimbing Lapangan Unisba) dan Galih Dani Septian (Dosen Pembimbing Lapangan IKIP Siliwangi).(rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rektor UIR dan LLDIKTI XVII Terima Mahasiswa KKN Nusantara Tiga Provinsi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar