Objek Wisata Di Muara Bungo

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Muara Bungo merupakan sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Muara Bungo berubah nama yaitu Pasar Muara Bungo. Perubahan nama ini berdasarkan Peraturan Daerah atau Perda Nomor 12 tahun 2005. Kecamatan Muara Bungo telah menjadi pusat perdagangan terbesar nomor 2 di Jambi. Di kecamatan Muara Bungo memiliki 3 etnis atau ragam penduduk di dalamnya diantaranya ada Melayu, Minang dan Tionghoa.

    Kecamatan Muara Bungo maju dikarenakan oleh partisipasi 3 etnis tersebut. Di Muara Bungo masih terdapat rumah-rumah kuno perpaduan atau pergabungan dari etnis Tionghoa dan etnis Melayu. Rumah kuno peradaban dari kedua etnis ini dapat kita jumpai atau kita saksikan di Tanjung Gedang dan Pasar bawah.

    Asal kata Muara Bungo itu sendiri karena pada awalnya di kecamatan Muara Bungo terdapat bunga akar dani yang bertemu dengan Sungai Batang Bungo dan Batang Tebo, maka kecamatan itu diberikan nama Muara Bungo. Muara Bungo memiliki semboyan Lintas yang diartikan sebagai kota yang lancar indah nyaman tertib dan sejahtera.

    Semboyan kota ini berasal dari peresmian jalan lintas Sumatera yang di resmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1984. Muara Bungo juga memiliki sejarah kerajaan yang ada pada saat dulu. Hal ini dibuktikan karena di Muara Bungo terdapat makam Raja. Raja tersebut setinggi 7 Meter.

    Di kecamatan Muara Bungo juga memiliki makanan khas diantaranya ada Nasi Gemuk, Kue Burgo, Gulai Tepek Ikan dan masih banyak lagi. Di kota Muara Bungo juga memiliki tempat wisata atau objek wisata.

    1. Air Terjun Tegan Kiri

    Air Terjun Tegan Kiri memiliki tinggi kurang lebih 26 Meter. Air Terjun Tegan Kiri bisa di tempuh dari Pusat Kota Muara Bungo dengan jarak kurang lebih  31 Meter. Banyak wisatawan dalam negeri yang berkunjung karena Air Terjun Tegan Kiri ini masih alami dan tidak tercemari oleh sampah. Ini di sebabkan oleh penduduk atau warga di sekitar air Terjun yang ikut serta dalam menjaga keasrian Air Terjun Tegan Kiri tersebut.

    1. Taman Hijau Muara Bungo

    Taman Hijau Muara Bungo ini Berada di Bungo Barat kecamatan Muara Bungo. Taman ini memiliki banyak pohon dan juga menjadi objek wisata ketika berkunjung ke Muara Bungo. Taman ini bersih dan indah karena di taman ini tidak tercemari oleh sampah. Jika anda berkunjung ke taman ini anda harus menjaga kebersihan dan ikut berpartisipasi dalam membuang sampah pada tempatnya.

    1. Lubuk Beringin

    Lubuk Beringin merupakan objek wisata pemandian alam. Lubuk Berangin ini banyak di kunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Lubuk Beringin ini berjarak dari pusat kota kira-kira 50 Kilometer. Di Lubuk Beringin kamu bisa melihat derasnya air yang mengalir yang di jaga supaya tidak tercemari. Lubuk Beringin wajib kamu kunjungi bersama keluarga saat berkunjung ke Muara Bungo.

    1. Air Terjun Telago Jando

    Air Terjun Telago Jando merupakan objek wisata yang berada Dusun Buat. Air Terjun Telago Jando ini banyak di kunjungi wisatawan karena di dekat area Air Terjun terdapat pepohonan yang membuat udara segar dan sejuk.

    1. Semagi Water Park

    Semagi Water Park merupakan kolam renang yang banyak di kunjungi wisatawan. Di kolam berenang ini juga memiliki beberapa wahana seperti air tumpah, papan seluncur dan masih banyak lagi. Semagi Water Park ini berlokasi di jalan lintas Sumatera kilometer 9 kecamatan Rimbo Tengah kota muara bungo. Kolam berenang ini merupakan kolam berenang yang populer di Muara Bungo. Air Terjun semagi ini wajib anda kunjungi bersama keluarga dan anak-anak karena tempat ini merupakan objek wisata yang populer di kota muara Bungo.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Objek Wisata Di Muara Bungo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar