Apa Itu Skizofrenia dan Penyebab Skizofrenia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Skizofrenia terdapat dalam bahasa yunani yaitu szicos yang berarti pecah belah dan phren adalah jiwa, jadi Skizofrenia adalah sebuah penyakit gangguan mental yang terjadi pada diri seseorang dalam waktu jangka yang panjang. Penyakit Skizofrenia ini menyebabkan para penderitanya sulit untuk membedakan mana kenyataan dengan pikirannya sendiri dan sering berhalusinasi.

    Penyakit Skizofrenia ini sangat sering berhalusinasi dan sering merasakan hal-hal yang tidak sama dalam kenyataannya dan penderita penyakit Skizofrenia ini sangat sering merasakan bahwa seseorang ingin menyakitinya dan membunuhnya padahal tidak sama sekali contoh nya sering mendengar sesuatu yang padahal orang lain tidak mendengarkan apa-apa, sering berkata melantur biasanya kata-kata yang dikeluarkan penyakit ini terdengar tidak masuk akal serta susunan kalimatnya sangat berantakan ,sangat suka mencium hal-hal yang berbau aneh, melihat dan berbicara sendiri.

    Pada umumnya Penderita penyakit Skizofrenia ini Susah untuk berkonsentrasi, pikirannya yang kacau membuat penderita nya tidak karuan dan sering merasa gelisah dan susah untuk berkonsentrasi atau fokus pada diri nya sendiri. Penderita penyakit Skizofrenia mungkin tidak mengetahui apa yang dia bicarakan kepada orang lain dan sering kali apa yang dia katakan tidak masuk akal sama sekali, serta para penderitanya pun tidak mengetahui gerakan-gerakan dari tubuhnya sendiri dan sering mengulang-ulang gerakan tersebut. Penderita penyakit Skizofrenia ini melakukan perubahan pada sikapnya sendiri banyak dari penderita ini sering berdiam diri dan tidak sama sekali bergerak dalam waktu berjam-jam.

    Penyakit ini banyak terdapat di kalangan remaja, pada umumnya remaja berusia 20 tahun hingga umur 25 tahunan, sedangkan  lansia sekitar umur 45 tahun dan anak-anak jarang mendapatkan penyakit Skizofrenia ini.

    Berikut beberapa Penyebab penyakit Skizofrenia:

    1. Genetik.

    Bisa saja penyakit Skizofrenia dapat diwariskan atau dapat di turunkan dari ayah maupun ibu ataupun saudara kandung, yang memiliki penyakit Skizofrenia terlebih dahulu bisa saja anda mendapatkan gen bawaan dari keluarga dari ayah ataupun ibu sebesar 10%,jika kedua orang tua anda memilikinya. Anda dapat memiliki kesempatan 40%  mendapatkan bawaan penyakit Skizofrenia ini ,dan juga bisa se waktu dalam kandungan sekitar 6 bulan sudah mendapatkan virus, kekurangan gizi dan keracunan, serta memiliki ayah yang sudah tua saat anda di lahirkan. Penyakit ini sangat berpengaruh dalam warisan dari ayah dan ibu maupun keluarga kandung.

    1. Perbedaan Dari Struktur Otak

    Perbedaan dari struktur otak juga bisa memicu datangnya penyakit Skizofrenia ini, karena para penderita Skizofrenia cenderung memiliki banyak perubahan perbedaan dalam zat kimia otak yang disebut yaitu neurotransmitter yang bertanggung jawab sebagai penghubung antara otak ke seluruh jaringan saraf dan pengendalian fungsi tubuh. Penderita penyakit Skizofrenia tidak dapat mengendalikan Tubuhnya dan tidak bisa fokus dalam berbagai hal, karena cuman ada sedikit konektor di antara sel-sel otak, sejumlah Penelitian mengatakan bahwa jaringan otak pada orang penyakit Skizofrenia menunjukan bahwa penderita penyakit ini memiliki otak yang berbeda sejak waktu dia dilahirkan.

    1. Pengaruh Faktor Lingkungan

    Faktor lingkungan juga bisa mendatangkan penyakit Skizofrenia ini, banyaknya virus-virus, obat-obatan terlarang yang sengaja dijual, gizi, hormonal, dan bahan kimia rahim dari ibu yang melahirkan ,pengalaman stres seseorang, penggunaan vitamin yang tidak sesuai dengan badan, dan menggunakan narkoba seperti narkotika, sabu, ataupun ganja.

    Selain itu beberapa hal yang disebutkan di atas yang kita ketahui, ternyata penyakit stres juga berpotensi sebagai penyebab seseorang mengalami penyakit skizofrenia ini. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena stres, contohnya masalah pengeluaran keuangan yang cukup banyak sedangkan pemasukan keuangan sedikit, rumah tangga yang tidak bisa atau memiliki persamaan dalam keluarga, pekerjaan yang banyak dan menumpuk , dan masalah ekonomi di dalam keluarga. Intinya Penyakit Skizofrenia ini sangatlah berbahaya pada penderita nya dan bisa membawa penyakit ini selama bertahun tahun.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Itu Skizofrenia dan Penyebab Skizofrenia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar