Bertemu Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Peserta IACS 2023, Kunjungi Kota Pariaman

Daftar Isi

    Lancangkuning.com, Pariaman - Setelah menerima kunjungan dari BRAC (Building Resources Across Communities) Internasional, tidak berlangsung lama, Wali Kota Pariaman, Genius Umar kermbnali menerima kunjungan dari peserta The Indonesian Arts and Culture Scholarship (IACS), atau Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia, yang merupakan program unggulan diplomasi publik Indonesia di bidang seni dan budaya, bertempat di rumah dinas walikota, Rabu Sore (19/7/2023).

    Kegiatan ini merupakan prakarsa dari Kementerian Luar negeri, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, dan khusus untuk program IACS di Provinsi Sumatera Barat, dikelola oleh Dinas Kebudayaan bekerjasama dengan Sanggar Syofyani, sebagai Sanggar tertua di Kota Padang dan juga pengelola kesenian tradisional yang masih eksis hingga sekarang.

    “Ada generasi muda dari 9 Negara yang turut serta dalam kegiatan ini. IACS sendiri telah dimulai sejak tahun 2003, dimana program ini memberikan beasiswa non gelar bagi generasi muda untuk belajar secara langsung tentang seni, budaya, dan kearifan lokal Indonesia,” ucapnya.

    Genius menjelaskan, selama program berlangsung, para peserta dijamu di beberapa pusat seni yang ada di Indonesia. Khusus untuk di Sumatera Barat, salah satu daerah yang dikunjungi adalah Kota Pariaman, dan ini menjadi kebanggan serta nilai plus untuk pariwisata kita, ulasnya.

    “Pada kesempatan ini, kami juga mengundang para generasi muda dari 9 negara ini, untuk turut hadir dalam perayaan Festival Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2023, yang puncaknya nanti di tanggal 30 Juli 2023, pada hari Minggu,” tukasnya.

    Disini, peraih gelar Profesor dari Jungwoon University Korea ini menjelaskan sedikit tentang Budaya Tabuik Piaman kepada peserta yang datang, dan mereka sangat antusias mendengar tentang budaya lokal kita yang selalu kita jaga sampai saat ini.

    “Kepada adik-adik semua, nantinya boleh menginap disini, dirumah dinas walikota ini, dan kalau perlu, nanti akomodasi akan kita sediakan untuk menjemput ke Padang, sehingga mereka akan merasa nyaman dan kerasan nantinya selama berada di Kota Pariaman yang kita cintai ini,” tutupnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bertemu Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Peserta IACS 2023, Kunjungi Kota Pariaman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar