Lakukan Cara ini Untuk Hilangkan Keriput dan Bekas Luka

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tampil cantik dengan kulit yang bersinar dan kencang sehingga membuat penampilan tampak lebih muda menjadi impian setiap wanita. Hal ini membuat industri kecantikan berlomba-lomba untuk dapat mewujudkan impian para wanita tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan kulit yang indah itu? Microneedling dapat menjadi solusinya. Kerutan pada kulit, bekas terbakar akibat sinar matahari yang panas, serta jerawat yang terdapat pada wajah dapat diatasi dengan microneedling.

    Berikut adalah penjelasan mengenai microneedling menurut Amy Kassouf, MD,.

    Cara kerja microneedling adalah dengan menusukkan jarum halus pada kulit agar pada lapisan atasnya terbentuk lubang kecil, yang selanjutnya dioleskan krim kulit atau serum di atasnya. Proses microneedling bisa disebut juga dengan terapi induksi kolagen.

    Jarum yang digunakan dalam microneedling memiliki panjang tidak lebih dari 2,5 mm. Salah satu alat yang paling sering digunakan dalam proses peremajaan kulit ini adalah dermaroller.

    Microneedling yang merupakan proses cedera dengan pengontrolan ini, membuat sedikit luka pada kulit, yang nantinya dapat memicu pertumbuhan kolagen pada saat penyembuhan. Kolagen ini akan membuat kulit menjadi terisi, serta membuat halus keriput dan garis-garis pada kulit.

    Microneedling sendiri sebenarnya sudah lama ada, yakni sejak sekitar 20 tahun lalu. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, peralatan yang digunakan saat ini tentunya semakin canggih.

    Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari ataupun kulit keriput, microneedling juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah, ataupun bekas luka lainnya. Terkadang para ahli juga memanfaatkan microneedling dalam proses penghalusan perut atau paha. Selain itu, microneedling juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut.

    Rambut yang tumbuh dari proses microneedling diakibatkan oleh produksi protein yang lebih banyak oleh kepala, yang terjadi pada masa penyembuhan dari luka yang dihasilkan pada proses microneedling. Protein yang dihasilkan tersebut akan merangsang folikel rambut yang sebelumnya sudah tidak aktif dan melancarkan sirkulasi darah. Lancarnya sirkulasi darah akan membuat nutrisi yang dialirkan ke folikel lebih banyak, dan semakin memicu pertumbuhan rambut.

    Sayangnya, menurut Dr. Kassouf prosedur yang dilakukan ini tidak dapat mengatasi masalah tersebut seratus persen.

    Terdapat pula efek samping minor jika mengaplikasikan microneedling pada kulit kita. Akan ada sedikit rasa sakit selama proses microneedling berlangsung. Namun, rasa sakit ini dapat dikurangi dengan cara menggunakan agen topikal yang berfungsi sebagai bius lokal. Walaupun begitu, ada beberapa kasus dimana pasien akan merasakan sedikit sakit setelah proses microneedling, dan terdapat kemerah-merahan pada kulitnya selama beberapa hari. Penggunaan alat yang tidak steril pada saat proses microneedling juga dapat menimbulkan infeksi.

    Jika telah dilakukan proses perawatan, Dr. Kassouf memberikan saran agar Anda menjauhi berbagai tempat atau daerah yang memiliki kemungkinan dapat menularkan infeksi, seperti gym dan kolam renang.

    Terdapat efek lain yang mungkin terjadi dengan mengaplikasikan microneedling, yaitu adanya perubahan pada warna kulit. Warna kulit yang awalnya terang, dapat berubah menjadi gelap. Hal ini biasanya terjadi untuk sementara waktu, dan lebih sering terjadi pada yang memiliki kulit gelap.

    Lalu bagaimana dengan microneedle home kit?

    Dr. Kassouf mengatakan bahwa dirinya belum pernah mencoba untuk menggunakannya. Namun, ia juga menambahkan kalau hasilnya tidak akan dapat menyaingi orang yang memanfaatkan peralatan profesional. Jika memang akan menggunakan home kit, coba perhatikan dulu apakah alat yang digunakan sudah steril.

    Ada baiknya sebelum mengikuti perawatan kulit, Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Setiap orang memiliki karakter dan sifat kulit yang berbeda-beda. Dengan berkonsultasi dengan dokter kulit, Anda dapat mengetahui kemungkinan atau efek samping apa yang terjadi pada kulit Anda, dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut, sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lakukan Cara ini Untuk Hilangkan Keriput dan Bekas Luka
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar