Ketua MUI Riau: Calon Pj Gubri, Adalah Mereka yang Paham Kondisi Riau

Daftar Isi

    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, Ilyas Husti

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-DPRD Riau telah mengirimkan nama-nama yang diusulkan menjadi calon Penjabat Gubernur Riau ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (6/12) kemarin. Ini adalah hasil rapat Pimpinan DPRD Provinsi Riau dengan Ketua-ketua Fraksi DPRD Provinsi Riau Senin (4/12/2023) di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Provinsi Riau. Rapat menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 100.2.1.3/6066/SJ  Tanggal 10 November 2023 perihal Usulan Nama Calon Penjabat Gubernur Riau .

    ''Rapat sepakat untuk mengusulkan tiga nama yakni Sekda SF. Hariyanto, Rektor Unri Prof Sri Indarti dan Rektor UIN Prof Khairunnas,'' ujar Ketua Fraksi PAN DPRD Riau Ir. H. Sahidin.

    Pengusulan tiga nama itu, menurut Ketua Fraksi PKB Ade Agus Hartanto, pengambilan putusan itu tidak melalui rapat paripurna tapi melalui rapat pimpinan dengan ketua-ketua Fraksi. 

    Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau Prof Dr Ilyas Husti berharap nama-nama yang diusulkan menjadi Penjabat Gubernur Riau ke Kemendagri ini adalah mereke yang memahami kondisi di Riau. Mereka yang selama ini bertungkus lumus bekerja di Provinsi Riau. 

    “Tokoh yang kami harapkan ini secara sosial kultural sudah memberikan dampak positif serta gagasan inovatif untuk kemajuan Riau. Itu pimpinan dewan lebih tahu karena mitranya dengan pemerintah,” kata Ilyas Husti.

    Pendapat serupa juga disampaikan Prof Dr Amri Lutfi, menurutnya pejabat-pejabat yang memahami kondisi di Provinsi Riau ini lebih memiliki nilai plus. "Akan tetapi semuanya ini tentu adalah keputusan dari pemerintah pusat," ujar Amir Lutfi singkat. 

    Sebelumnya ada beberapa nama yang diusulkan menjadi Penjabat Gubernur Riau, mengingat estafet kepemimpinan harus terus berjalan, mengingat masa jabatan Gubernur Riau Edy Natar Nasution akan berakhir per-31 Desember 2023.

    Penjabat Gubernur Riau ini memiliki tugas yang cukup berat, selain fokus 
    sebagai pejabat pemerintahan. Mereka dituntut harus mensukseskan pesta demokrasi, Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2024. 

    Sebelumnya,ada beberapa nama yang masuk dalam bursa kandidat calon Penjabat Gubernur Riau. Diantaranya, Sekretaris Jenderal Kemendagri Dr Drs H Suhajar Diantoro MSi, Rektor Universitas Riau Prof Dr Sri Indarti SE MSi dan Erwin Dimas SE DEA MSi. Ketiganya ini diusulkan oleh Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR).

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau mengusulkan tiga nama menjadi calon Penjabat Gubernur Riau, diantaranya Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Prof Dr Khairunnas Rajab M.Ag dan Rektor Universitas Riau, Prod Dr Sri Indarti SE MSi.(rie) 


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ketua MUI Riau: Calon Pj Gubri, Adalah Mereka yang Paham Kondisi Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar