Harga TBS Sawit Riau Naik Jadi Rp2.571 per-Kilogram

Daftar Isi

    TBS kelapa sawit setelah di panen.(ft:nia)

    LANCANGKUNING.COM, PEKANBARU-Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau merilis harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit petani terbaru mitra swadaya di provinsi Riau periode 29 November - 5 Desember 2023.

    Berdasarkan harga TBS yang telah di tetapkan, untuk kenaikan harga kelapa sawit yang mencapai puncak tertinggi berada di kelompok umur 9 tahun sebesar sebesar Rp38,02 per kilogram (kg) atau mencapai 1,50% dari harga pekan lalu.

    Sedangkan harga kelapa sawit yang paling rendah berada pada kelompok umur 3 tahun yakni Rp 1.975,27 per kilogram (kg) dan rata-rata harga  sawit sampai kelompok umur 25 tahun di atas Rp 2.200 perkilogram (kg).

    "Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp2.571,94 per kilogram (kg) dan berlaku untuk periode satu minggu kedepan," kata Defris Hatmaja selaku Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Selasa (28/11/2023).

    Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedepan yaitu 90,71 persen, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 18,73 per kilogram (kg) dari pekan lalu dan harga penjualan kernel minggu ini naik sebesar Rp 710,52 perkilogram dari minggu lalu.

    Untuk harga rata-rata KPBN/PTPN V periode 20 sampai 26 November 2023 untuk CPO sebesar Rp 11.555,25 per kilogram (kg), sedangkan kernel sebesar Rp 5.421,83 per kilogram (kg).

    Dengan kenaikan harga kelapa sawit yang telah di rilis mencerminkan kualitas dan kuantitas yang optimal, menciptakan peluang ekonomi positif bagi para petani kelapa sawit di wilayah Provinsi Riau.

    Kenaikan harga kelapa sawit ini menjadi langkah positif dalam memajukan sektor perkebunan dan memberikan dampak positif bagi komunitas petani.

    Harga kelapa sawit yang stabil diharapkan dapat meningkatkan penghasilan petani, mendorong produktivitas, dan memperkuat ketahanan ekonomi lokal serta menciptakan hubungan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan antara perusahaan dan mitra petani.(nia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Harga TBS Sawit Riau Naik Jadi Rp2.571 per-Kilogram
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar