Kerajinan Khas Padang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berkunjung ke suatu tempat tidak akan lengkap rasanya tampa membawa oleh-oleh dari tempat itu. Biasanya banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang seperti kerajinan, kuliner, dan lainya. Jika kamu berkunjung ke kota Padang, Provinsi Sumatra Barat, tentu kamu wajib untuk membawa oleh-oleh dari sana. Karena di kota ini banyak oleh-oleh yang tersedianya diataranya kuliner dan kerajinan.

    Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa kerajinan Khas Kota Padang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah.  Diantaranya yaitu:

    1. Mukena Kerancang

    Jika kamu suka mengoleksi mukena-mukena unik kamu pasti akan sangat suka dengan mukena kerancang ini. Mukena kerancang memiliki model dan desain yang berbeda dengan mukena lainnya.

    Ciri khas mukena karancang adalah adanya lubang kecil yang berasal dari sulaman kainya. Motif mukena ini berbeda-beda seperti tumbuhan, kaligrafi, hingga hewan. Harga mukena ini cukup murah yaitu 400ribu sampai dengan 2jutaan untuk satu setnya. Jika membeli mukena ini dijamin kamu tidak akan kecewa dengan kualitasnya.

    1. Kain Songket

    Selain mukena kerancang juga ada Kain Songket. Bagi pecinta kebaya pasti sudah tidak asing lagi dengan kain yang satu ini. jika kamu berkunjung ke Padang tidak ada salahnya untuk membeli kain songket yang ada di sana.

    Salah satu kain songket yang sangat terkenal yaitu Songket Minangkabau, untuk mendapatkan kain songket ini sangat mudah yaitu di kawasan Silungkang atau lebih dikenal dengan Pandai Sikek. Meskipun harganya terbilang mahal, kain ini bisa dikreasikan sesuai dengan yang kita inginkan.

    1. Ukiran Perak

    Jika mendengar kerajinan perak pasti akan teringat dengan Kotagede di Jogja,kan? Tapi ternyata di Koto Gadang Agam di Sumatra Barat  memiliki kerajinan perak juga lo.

    Saat sekarang ini kerajinan perak ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh bahkan sampai keluar negeri. Hasil kerajinan perak ini beragam seperti patung, miniatur rumah adat, dan juga dapat dipesan sesui dengan keinginan customer.

    1. Ukiran Kayu

    Padang adalah kora yang memiliki banyak kerajinan tangan, salah satunya yaitu ukiran kayu. Kerajinan ukiran kayu banyak dijadikan sebagai cendramata oleh pada wisatawan yang berkunjung ke Padang.

    Desa Pandai Sikek adalah tempat pengrajin ukiran kayu, selain dijadikan sebagai souvenir, di Pandai Sikek juga bisa untuk belajar budaya khas Sumatra  Barat. Hasil ukiran ini biasanya berupa sesuatu yang berbau alam.

    1.  Pernak-Pernik Nuansa Minang

    Datang ke Padang tampa membeli pernak-pernik bernuansa Minang tidak akan lengkap rasanya. Pernak-pernik Nuansa Minang paling banyak diincar untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Padang.

    Harga pernak-pernik khas Minang mulai dari 10ribu seperti pajangan dengan beragam bentuk, gantungan kunci beraneka ragam, atau berupa replika dari ikon-ikon yang ada di Kota Padang.

    1. Kain Sulaman Karancang

    Tidak hanya songket, ada lagi yang menjadi kain khas Padang yaitu kain sulaman kerancang. Perbedaan kain sulaman kerancang dengan kain sulaman lainya yaitu ujung kain ini yang diberi lubang-lubang, yang memiliki keindahan dan seni.

    1. Batik Tanah Liek

    Tanah liek merupakan tanah liat dalam bahasa padang. Kain batik ini merupakan kain batik yang berasal dari tanah liat. Tanah liat pada batik ini digunakan untuk merendam kain batik. Proses pembuatannya yaitu pertama kain dilukis dengan menggunakan malam(lilin), selanjutnya kain direndam dulu dalam cairan pewarna untuk menghasilkan warna yang diinginkan, setelah kering, kain dicelupkan ke air panas untuk menghilangkan lilin.

    Dalam proses pembuatan batik tanah liek, cairan pewarna yang digunakan untuk merendam kain merupakan larutan air daru tanah liat. Proses perendaman dalam air tanah liat biasanya berlangsung selama seminggu. Dari perendaman selama seminggu akan menghasilkan kain batik dengan warna dasar cokelat tanah.(Yulianti)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kerajinan Khas Padang
    Sangat Suka

    75%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    25%

    Komentar