Polda Riau Gelar Sispamkota Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024

Daftar Isi

    simulasi pengamanan Pemilu di Jalan Gajah Mada Kota Pekanbaru.(ft:mel-lancangkuning.com)

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polda Riau gelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangkaian Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Selasa (17/10/2023).

    Polda Riau gelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam operasi Mantap Brata Lancang Kuning dalam upaya memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024. Simulasi ini diadakan sebagai langkah persiapan aparat kepolisian dan tim gabungan dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan menjelang Pemilu.

    Simulasi ini melibatkan personel kepolisian dari berbagai satuan di Polda Riau guna menangani situasi darurat yang mungkin terjadi selama Pemilu, termasuk pengamanan tempat pemungutan suara, penanganan kerusuhan, tindakan terorisme, dan pemadaman gangguan keamanan yang mungkin terjadi.

    Selain itu, ada pula pengamanan di sejumlah titik-titik rawan akan bahaya gangguan maupun ancaman terjadi. Selanjutnya, juga ada penanganan juga dilakukan untuk menghadapi kerusuhan maupun adanya sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa dengan anarkis hingga sampai petugas harus mengambil tindakan tegas. 

    Kapolda Riau, Irjen. Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. mencatat bahwa simulasi Sispamkota ini adalah langkah penting untuk memastikan kesiapan aparat kepolisian dalam menghadapi berbagai tantangan selama proses Pemilu. 

    "Kami ingin memastikan bahwa aparat kepolisian siap secara maksimal untuk melindungi masyarakat dan menjaga ketertiban selama proses Pemilu 2024," kata Kapolda Riau.

    Simulasi Sispamkota ini juga melibatkan kerja sama antara kepolisian, pihak militer, bawaslu, KPU dan instansi terkait lainnya, untuk memastikan keamanan wilayah tersebut selama Pemilu. 

    "Kerja sama antarlembaga ini sangat penting untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terciptanya Pemilu yang aman dan damai," tambah Kapolda Riau.

    Operasi Mantap Brata Lancang Kuning adalah bagian dari strategi Polda Riau dalam menghadapi potensi gangguan keamanan selama Pemilu 2024. Simulasi Sispamkota diharapkan akan membantu meningkatkan kesiapan aparat kepolisian dalam menjaga keamanan kota dan memastikan pelaksanaan Pemilu berlangsung lancar.

    Pemilu 2024 diharapkan menjadi pesta demokrasi yang aman dan damai, dan upaya seperti simulasi Sispamkota ini menjadi langkah penting dalam mencapai tujuan tersebut. Polda Riau akan terus menggelar latihan dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga keamanan selama proses Pemilu.(mel)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Polda Riau Gelar Sispamkota Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait